Wednesday, October 14, 2020

KARAKTERISTIK JORAN

karakteristik joran


 Terdapat beberapa material penting dalam pembuatan joran.Bahan material yang paling terkenal dalam pembuatan joran adalan Carbon dan Fiber.Kedua bahan ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Misalnya saja, blank berbahan carbon sangat ringan bahkan untuk ukuran Medium Heavy Power sekalipun jenis blank ini lebih ringan. Namun kekurangannya adalah cenderung patah. 


Namun anda tak perlu risau karena material blank saat ini telah dimodifikasi sedimikian rupa menyesuaikan permintaan konsumen dan zaman.Misalnya saja material carbon composite yang dapat melengkung sedemikian rupa namun tidak patah. 


Disisi lain blank berbahan fiber cenderung lebih berat dan blank ini dapat di bilang badak, karena kekuatannya yang cukup besar di bandingkan berbahan carbon dan harganya pun lebih murah di banding carbon.


Ada beberapa spesifikasi yang digunakan produsen joran untuk menggambarkan penggunaan joran. termasuk kekuatan joran itu sendiri, action, range tali yang digunakan, bobot umpan, dan jumlah bagian (piece). sebelum lebih dalam membahas spesifikasi dari umumnya joran, kita liat yuk nama-nama bagian pada joran. liat gambar di bawah



ket: 
1. Top Section / piece 
2. Ring tip 
3. Ring Guide 
4. Reel seat 
5. Butt Section



Adapun Spesifikasi tersebut terdiri dari :


1. Power 

Dikenal juga sebagai daya kekuatan joran tersebut. joran bisa diklasifikasikan seperti ultra-light, medium, medium heavy, ultra heavy dll. power sering di indikasikan dari tipe mamancing yang dilakukan, target ikan, atau ukuran ikan yang akan menjadi target. ultralight digunakan untuk mentargetkan ikan - ikan kecil dibawah 2kg, sedangkan ultraheavy di targetkan mencari ikan monster dilautan. tetapi semua tergantung pemakai joran itu sendiri. tidak sedikit kok joran UL di targetkan untuk menaikkan monster.

karakteristik joran



2. Action 

Action berarti kecepatan lengkungan joran kembali kepada posisi semula. liat gambar diatas, slow action berarti kecepatan joran kembali lurus (pada saat loading) akan lambat, begitu juga seterusnya. perelu ditekankan bawa action tidak mengacu kepada kelenturan joran. material dan bahan blank joran mempengaruhi action joran tersebut, blank joran berbahan fiberglass memiliki action yang lebih lambat actionnya dibandingkan blank berbahan carbon fiber atau graphite.



3. Line weight 

joran umumnya diklasifikasikan dari berat optimal tali yang digunakan, bukan berat talinya itu sendiri, melainkan kapasitas tali tersebut biasanya sih memakai satuan Lbs. 2-6 Lbs untuk ultralight, 6-12 Lbs medium, 10 - 20Lbs Medium Heavy dan seterusnya.


4. Lure weight 

 rata-rata di bagian joran juga tertera berapa berat optimal lure yang dipakai, untuk menjaga agar lebih efisien. 


 5. Number of pieces 

beberapa pilihan yang harus dipertimbangkan dalam memilih joran, yaitu berapa piece joran tersebut. jika ingin merasakan joran yang "sensitif" maka pilihlah joran 1 piece. joran sambung dua mid joint sangat umum digunakan, juga butt joint, bahkan ada yang 4 joint ini disebut dengan travel rod.


Spesifikasi joran biasanya tertera di joran itu sendiri, bagaimana cara membacanya??



kita contohkan gambar di atas joran Majorcraft, tertera SPS-S702M. 
 -SP = Solpara (Merk majorcraft) 
 -S = Spinning (Tipe Joran) 
 -S = Slow (Action) 
 -70 = 7,0 inch (Panjang joran) 
 -2 = Piece (2 Piece) 
Tertera juga Lure dan Line Wieght

No comments:

Post a Comment