Saturday, September 19, 2020

UMPAN TIRUAN UNTUK MANCING IKAN GABUS




Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan gabus? Gabus merupakan ikan predator dari keluarga Toman. Di luar negeri mereka disebut dengan snakehead (kepala ular) sedangkan di Jawa biasanya dipanggil kutuk. Ikan ini kerap dikonsumsi oleh warga Indonesia. Sebab rasanya yang enak dan kaya akan manfaat serta protein yang sehat bagi tubuh manusia. 

 Maka dari itu ikan gabus banyak dicari orang-orang dengan cara dipancing. Karena selain hasilnya bisa dikonsumsi, memancing juga menjadi kegiatan yang menyenangkan (hobi). Umumnya mereka memancing gabus liar di rawa-rawa, sungai, parit, kolam dan lain sebagainya.

 Dan salah satu teknik memancing ikan gabus yang mereka terapkan adalah teknik casting (memancing ikan gabus menggunakan umpan tiruan, palsu/ artificial lure).


Saat Anda menggunakan umpan palsu untuk memancing gabus dengan teknik casting yang terpenting adalah memilih umpan tiruan yang benar-benar mirip dengan aslinya. Untuk ikan gabus biasanya menggunakan umpan tiruan yang kecil.

 Dan sebenarnya umpan tiruan tersebut bisa kalian buat sendiri atau membelinya di toko pancing. Jika kalian ingin membelinya, kami rekomendasikan agar membeli jenis-jenis berikut ini:


1. Soft Frog 

hobinatang.com







Umpan tiruan ikan gabus pertama adalah soft frog. Soft frog sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam memancing ikan gabus. Umumnya soft frog berbentuk kodok, namun hari ini berkembang dengan berbagai bentuk, ada kepik, curut dan kepik. 

Salah satu keunggulan umpan tiruan satu ini ialah teksturnya lembut dan tidak mudah tersangkut tanaman. Saat sobat hendak membeli soft frog, maka carilah soft frog yang bagus atau killer. Bertekstur empuk dan tidak terlalu keras.

 Hal ini bertujuan supaya memudahkan kail menancap ke mulut ikan gabus. Selain itu pilihlah warna yang gelap seperti hitam atau coklat, karena kedua warna tersebut cocok untuk casting Ikan gabus di cuaca cerah (siang hari). Adapun untuk malam hari biasanya memakai warna yang cerah.


2. Umpan Tiruan Viva Mazzy Frog

viva mazzy frog


Masih sama seperti soft frog. Mazzy frog juga umpan tiruan ikan gabus yang berbentuk katak.

 Katak merupakan umpan ikan predator yang universal, tapi ternyata banyak yang tidak suka dengan katak. 

Sebab bentuknya jorok, suka melompat dan berlendir. Nah solusi terbaik adalah menggunakan Viva Mazzy Frog. Umpan palsu Mazzy frog memiliki daya tarik bagi ikan gabus.

 Jenis ini terbuat dari bahan karet lembut dan lunak sehingga memberikan tekstur alami layaknya katak asli.


3. Jump Frog 




Jump Frog biasa disingkat JF merupakan satu dari berbagai macam umpan mainan/palsu untuk casting gabus. Pada umumnya terbuat dari kayu dan plastik.

 Untuk bikinan tangan atau handmade biasa terbuat dari kayu ringan yang dipoles menjadi berbagai ragam bentuk, model serta warna. Sedangkan yang pabrikan banyak terbuat dari plastik.

 Seperti namanya Jump Frog, bisa diartikan "kodok loncat", karena action JF yang bagus biasanya meloncat-loncat di permukaan air sehingga menimbulkan gelombang di air yang dapat menarik perhatian gabus. Komposisi Jump frog pada umumnya terdiri dari Body, Double Hook, Skirt (rumbai karet) dan penutup hook.

Salah satu kelebihan yang dimiliki jump frog adalah efek loncat-loncat yang mungkin tidak bisa ditemukan pada jenis lure lain. Bagi Anda yang suka kagetan dengan sambaran gabus, juga cocok menggunakan jump frog ini. Gabus yang menyambar umpan, bisa langsung ditarik, dan lebih mudah strike/hook up tersangkut di hook.


Nah itulah rekomendasilure yang cocok untuk ikan gabus, semoga artikel ini bermanfaat untuk para mancing mania Indonesia.

No comments:

Post a Comment