Sunday, September 20, 2020

UMPAN JITU LELE GALATAMA

UMPAN JITU LELE GALATAMA


Ikan Lele merupakan salah satu ikan yang populer di kolam pemancingan. Seringkali ikan lele diperlombakan dalam mancing galatama.

 Namun ternyata masih ada saja pemancing yang bingung memilih umpan mancing ikan lele yang ampuh.Pada dasarnya bisa dibilang memilih umpan lele lebih mudah dibandingkan umpan mancing bagi jenis ikan lainnya.

 Karena relatif banyak bau yang disukai oleh ikan lele. Selain itu dengan mulutnya yang besar, ikan lele cenderung tidak pilih pilih makanan. Maka dari itu di alam pun banyak pilihan jenis makanan yang disukai ikan lele.

 Tak jauh berbeda pula degan lele kolam yang doyan apa saja, asal belum kekenyangan tentu saja. Jadi buat kalian yang akan mengikuti lomba mancing galatama maupun mencari alternatif umpan lele di kolam harian mungkin bisa mencoba aneka resep umpan jitu ikan lele berikut ini.



Umpan Ikan Lele Alami

 Di habitat aslinya, lele biasa memakan berbagai hewan kecil dan juga tumbuhan disekitarnya, bahkan ikan lele pun memakan ikan ikan kecil yang ada disekitarnya. 
 Untuk itu kita bisa memanfaatkannya sebagai umpan mancing yang sudah terbukti ampuh, daftar umpan alami tersebut diantaranya adalah : 
  • Cacing 
  • Belalang
  •  Laron 
  • Jangkrik (tekan perutnya agar aroma amis keluar) 
  • Belut (bisa dibakar, digoreng atau langsung potong potong kecil seukuran mulut ikan lele)
  •  Udang (buang kepala dan ekornya) 
  • Ikan Ikan Kecil 
  • Ikan Teri
  •  Ulat Daun Pisang 
  • Berkicot, Daging keong mas. ataupun jenis kerang lainnya.
  • Kecebong atau anak katak 
  • Telur ikan sapu-sapu 

Resep Racikan Umpan Ikan Lele galatama 

1. Hati Ayam 

Hati ayam bisa di gunakan untuk umpan ikan lele, caranya sangat mudah, cukup dengan memblender hati ayam dengan 1 telur bebek, setelah di blender anda cukup menambahkan bubur sun yang bubuk dengan rasa beras merah secukupnya hingga menggumpal, tapi sangat di sarankan untuk tidak terlalu keras. 


2. Resep Umpan Ikan Lele Harian 


 Bahan :
  1.  Madu 
  2. Terasi
  3.  Bawang putih
  4.  Kuning telur rebus
  5.  Pelet ikan PF 1000
  6.  Air hangat secukupnya saja

 Cara Membuat :

 Campur bahan bahan yang sudah disiapkan di atas, kemudian aduk hingga mengental. Setelah itu buat bulatan kecil kecil dan pasangkan ke mata pancing, sesuaikan dengan ikan lele yang ada di tempat tersebut.


3. Umpan Ikan Lele Segala Cuaca


 Bahan-bahan Umpan Ikan Lele di Segala Cuaca :
  1.  Pelet pf 1000 
  2. Tepung Udang 
  3. Tepung Ikan Teri 
  4. Kuning Telur rebus 
  5. Terasi 
  6. Bawang Putih 
  7. Air secukupnya 


 Cara Membuat Umpan Ikan Lele Segala Cuaca :

 Siapkan wadag palstik lalu masukan kuning telur, terasi dan bawang putih. Haluskan ketiga bahan tersebut hingga lembut. Setelah itu masukan bahan lainnya menjadi satu. Aduk kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata. Bentuk bulat-bulat umpan sesuai selera.


4. Umpan Ikan Lele Dumbo 

Bahan-bahan 
  1. 1 Butir telur ayam 
  2. 1 lembar keju kraft 
  3. Usus ayam secukupnya 
  4. Mie instan 
Cara membuat: 

Hancurkan mie instant hingga halus, bisa menggunakan blender, lalu kukus usus ayam hingga masak, kemudian usus ayam harus di blender.Aduk semua bahan termasuk keju kraft ke dalam adonan hingga merata dan menggumpal. 


5. Umpan Ikan Lele Dengan Daging Ayam 


Umpan ikan Lele yang satu ini cocok bila dipakai ketika mengikuti lomba mancing ikan Lele. Sebelumnya kukus daging ayam sampai matang, sesudah itu suwir kecil memanjang. Kail ditancapkan di pertengah suwiran daging ayam tersebut dengan diisi boleh sampai 5 potong. Agar kesannya mampu lebih maksimal maka celupkan lebih dahulu dalam kocokan kuning telur angsa sesaat sebelum dilempar ke air.

No comments:

Post a Comment