Wednesday, September 23, 2020

ESSEN YANG DI SUKAI IKAN MAS

 Ikan mas adalah salah satu ikan pancing paling populer di kalangan para angler, bahkan saat ini telah banyak di buka pemancingan ikan mas, baik kolam harian sampai galatama dan lomba ikan mas. 


Tidak sedikit para pemancing yang ikut berpatisipasi dalam pemancingan ini, para angler berlomba-lomba untuk mencari keuntungan dalam pemancingan ikan mas. 

Essen yang di sukai ikan mas
Essen yang di sukai ikan mas 


Namun terkadang kenyataan memang tak seindah harapan. Seringkali angler zonk karena salah meracik umpan ikan mas. Maka dari itu menurut kami penting bagi pemancing untuk mengetahui aroma yang disukai ikan mas babon.Contohnya essen.



Essen adalah biang aroma atau ekstrak dari sebuah perasa dan jenisnya ada ratusan macam yang dibedakan berdasarkan bahan (water based, oil bassed dan astiri). Penggunaan essen biasanya tergantung dari suhu air di kolam, makin tinggi suhu air di kolam makin cepat essen kita menyebar. Untuk itu, dari pengalaman pribadi, essen dengan aroma (wangi atau amis) kuat adalah pilihan tepat sebagai ‘senjata’ saat mancing dalam kondisi hujan.



Dan tentu saja perlu diperhatikan kapan dan dimana pengggunaan kedua jenis aroma tersebut. Karena semua juga tergantung cuaca dan kondisi kolam ikan mas.


Aroma amis sendiri terbilang cocok digunakan untuk mancing ikan mas saat pagi hari. Dan juga cocoknya untuk kolam yang berwarna hijau. Bau amis ini bisa diperoleh dengan menggunakan essen yang amis. 

Atau bisa juga dengan menggunakan telur ayam sebagai racikan umpannya, untuk caranya bisa dibaca di artikel racikan umpan ikan mas.

 Sementara aroma wangi bisa digunakan untuk mancing pada siang hingga malam hari. Bau wangi ini bisa didapatkan dari roti rasa susu vanila atau santan. Biasanya para pemancing menggunakan santan kara.



Tidak ada takaran pasti dalam hal penggunaan assen, sebab tiap pemancing mempunyai perbedaan selera. Untuk keperluan lomba mancing galatama penggunaan essen merupakan hal mutlak, karena umpan yang dipakai hanya pelet. 

Jadi faktor essen sangat berpengaruh dengan hasil yang akan diperoleh, namun tidak ada hubungannya penggunaan essen dengan kemungkinan mendapat ikan induk terberat. Bisa atau tidaknya pemancing mendapatkan ikan terberat hanyalah faktor keberuntungan saja.


 Sebab prinsipnya essen hanya untuk mengundang ikan berkumpul mendekati umpan kemudian menyantapnya. Tidak bisa ditentukan aroma jenis apa yang paling disukai ikan Mas. Pada umumnya, aroma buah-buahan yang lembut lebih cepat menarik perhatian.

 karena ikan Mas cenderung tidak suka aroma terlalu mencolok. Bagi pemancing pelampungan, essen bukanlah hal wajib. Karena umpan yang dibeli di toko biasanya sudah mengandung aroma essen

Sumber: sahabatmancing.com
             hobimancing.kubagi.info

No comments:

Post a Comment