Friday, September 11, 2020

CARA MEMBUAT RANGKAIAN PANCING UNTUK MANCING DI LAUT



Memancing di laut tidak lah sama dengan manciing di kolam atau sungai, peralatan dan rangkaiannya pun sangat lah berbeda, mulai dari piranti,rangkaian,hingga umpan yang di gunakan sangat berbeda. Selain piranti baik peralatan maupun perlengkapan untuk memancing khusus digunakan di laut, anda juga harus membuat suatu rangkaian pancing yang akan anda gunakan untuk memancing di laut. Mengapa demikian? Tentu saja karena ketika anda memancing di laut kondisinya sangat berbeda dengan di air tawar. Kedalaman spot mancing, jenis ikan yang kemungkinan akan menyambar umpan, serta faktor adanya ombak.

Pada dasarnya membuat rangkaian pancing dasaran atau glosor baik untuk digunakan memancing di air tawar (freshwater) maupun untuk memancing di laut atau di pinggir pantai memiliki kesamaan. Hal pertama adalah jenis teknik memancing apakah yang akan anda pakai? Apakah trolling, casting, atau teknik dasaran (termasuk ngoncer) atau yang lainnya. Yang berbeda pada umumnya di ukuran baik senar, kail khusus untuk laut, kili-kili, sampai dengan jenis timah pemberatnya karena anda harus menggunakan ukuran yang lebih besar dari yang biasa anda pakai untuk memancing di air tawar.

Berikut beberapa rangkaian pancing untuk mancing di laut:


1. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Tiga Kail Dan Pemberat Slider

sumber gambar google/ aliemsurya.com

Rangkaian berikut menggunakan tiga kail atau hook khusus laut (dengan tangkai panjang) menggunakan pembatas (stopper dengan bead) dan pemberat berbentuk torpedo (melinjo). Anda bisa mengganti stopper dan bead dengan menggunakan rangkaian simpul pancing "T" jika anda sudah bisa membuatnya. Walaupun seperti pada gambar inilah yang sebenarnya banyak direferensikan oleh para anglers dari luar negeri karena fungsi kili-kili akan membuat rangkaian pancing leader anda aman dan tidak mudah kusut.

Rangkaian pancing dasaran untuk memancing di laut seperti pada gambar di atas, anda menggunakan tiga kail satu kail di tempatkan di ujung leader. Sementara dua kail lainnya terletak di antara kail di ujung dan timah pemberat. Timah pemberat tidak diletakkan di ujung tetapi dibuat bergerak (slide) menggunakan bantuan peniti dan kili-kili. Anda bisa menempatkan potongan udang atau cumi atau umpan favorit anda lainnya. Anda bisa membuat jarak antara kedua kail pada senar leader sepanjang 30-45 cm. Untuk senar leader anda bisa memakai jenis mono atau flouro dengan kekuatan yang besar (80lbs / 40kg) sedangkan senar penghubung ke kail bisa anda gunakan senar kawat (wire) atau juga senar mono dengan kekuatan sekitar 30lbs (30kg).



2. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Dengan Umpan Hidup (Teknik Ngoncer)


sumber gambar google/ aliemsurya.com

Variasi rangkaian pancil laut dasaran cara selanjutnya adalah membuat rangkaian pancing menggunakan umpan hidup. Umpan hidup bisa berupa udang atau ikan kecil (minnow).

Biasanya jika anda menggunakan teknik ngoncer, anglers hanya memakai satu kail saja ukurannya disesuaikan dengan umpan hidup yang dipakai dan ikan target yang akan anda inginkan. Pada gambar di atas rangkaian pancing dasaran untuk memancing di laut dibuat dengan cara menggunakan kili-kili lubang tiga (three ways swivel) anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan kili-kili biasa dan dibatasi stopper dan bead atau juga kembali menggunakan rangkaian ikatan simpul "T". Senar penghubung ke umpan hidup menggunakan mono atau fluoro dengan kekuatan 50lbs (25kg) atau lebih besar lagi untuk target ikan yang berukuran lebih besar.


3. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Tiga Kail Pemberat Di Ujung

sumber gambar google/ aliemsurya.com

Selanjutnya anda bisa membuat rangkaian pancing laut dasaran tiga kail dengan variasi timah pemberat di ujung. Car ini adalah yang umum dilakukan oleh para mancing mania dan anda bisa mengganti variasi kili-kili, bead dan stopper dengan menggunakan rangkaian simpul pancing "T".

Untuk membuat rangkaian pancing dasaran memancing di laut seperti gambar, anda memerlukan senar leader sepanjang 145 cm (1,45m) dan masing-masing senar yang menguhubungkan ke kail sepanjang 40cm. Senar leader anda bisa pilih senar mono atau flouro yang berkekuatan 80lb (40kg) dan untuk senar penghubung menggunakan senar mono kekuatan 30lb (15kg)


Nah itulah 3 rangkaian pancing dasaran untuk mancing di laut, artikel ini telah di kutip oleh aliemsurya.com dan di terbitkan kembali oleh tipsmancing.com, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment