Thursday, September 3, 2020

CARA DAN UMPAN JITU MANCING IKAN SEPAT




Ikan sepat di Indonesia terblang sangat melimpah dan mudah di jumpai oleh para angler, baik di sungai,rawa,empang,waduk, sawah dan di tempat lainnya.Ikan sepat merupakan segolongan ikan air tawar yang masuk kedalam sejenis anggota ikan gurami. Di Indonesia sendiri ikan sepat dikenal sebagai ikan konsumsi yang banyak diminati oleh masyarakat, walaupn beberapa jenis dijual sebagai ikan hias namun tetap tidak mengurangi eksistensi ikan satu ini.

Ikan sepat mudah di pancing menggunakan umpan:
  1. lumut
  2. Kroto 
  3. Cacing
  4. cacing pisang 
  5. Udang di potong kecil 
  6. Kodok yang di potong kecil 
  7. Belatung kecil 
  8. Roti bolu di tambah telur 
  9. Ulat belimbing 
  10. Kerupuk 
  11. Laron 
Teknik mancing ikan sepat terbilang lain dari teknik lainnya, ya dengan umpan gantung yang jaraknya hanya sejengkal, ikan ini lebih sering menghabiskan waktunya di antara permukaan air.

Ikan sepat memiliki mulut yang kecil, jadi jika ingin mancing ikan sepat, gunakanlah mata kail carbon ukuran nomor 2 atau nomor 1, gunakanlah senar kecil yang berdiameter antara 0.12mm sampai 0.16mm. sangat di sarankan untuk menggunakan joran tegek dari bambu atau joran antena yang kecil. 

Untuk lokasi mancing  ikan sepat sangat suka bersembunyi di bawah tanaman air seperti eceng gondok dan teratai,di bawah ranting kayu, dan tempat yang teduh..
Biasanya ikan sepat dikenal sering bergerombol dan muncul ke permukaan air untuk mengambil udara. Tidak jarang banyak ikan sepat yang hidup berada di bawah tanaman air seperti eceng gondok, atau kangung dan tanaman air ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan telur-telur ikan sepat.

Selalu ingat, ikan sepat memiliki mulut yang kecil dan mudah lepas ketika strike, jadi usahakan agar tidak terlalu kuat untuk menyentak joran ketika umpan telah di makan ikan sepat. Setelah strike, langsung angkat joran guna mempercepat waktu landed ikan, jika terlalu lama, ikan akan lepas.

Nah itulah tips dan umpan jitu ikan sepat, sangat sederhana bukan, dan bisa anda terapkan dalam hal memancing ikan sepat.




No comments:

Post a Comment