Tuesday, September 1, 2020

6 JENIS IKAN LAUT YANG BAIK UNTUK KESEHATAN



Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang absorpsi proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapi dan ayam. Daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek dari pada seratserat protein daging sapi atau ayam. Ikan juga kaya akan mineral seperti kalsium, phospor yang diperlukan untuk pembentukan tulang, serta zat besi yang diperlukan untuk pembentukan haemoglobin darah.


Ada beragam manfaat mengonsumsi ikan seperti salmon, tuna, tenggiri, dan jenis ikan lainnya untuk kesehatan. Contohnya manfaat ikan tenggiri yang kaya akan omega 3 dan vitamin B12 dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Diutamakan mengonsumsi ikan yang rendah merkuri terutama bagi ibu hamil, menyusui, atau yang memiliki kondisi medis tertentu.


Untuk konsumsi gizi seimbang, idealnya seseorang mengonsumsi ikan 2-3 kali dalam sepekan. Kandungan asam lemak dalam ikan dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein rendah lemak, cocok bagi yang sedang berupaya mencapai berat badan ideal.

Ada 6 jenis ikan laut yang baik di konsumsi sebagai berikut.


1 Ikan Tenggiri 
sumber gambar google

Ciri khas dari ikan tenggiri adalah kulit berwarna putih dan rasanya yang kuat. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, manfaat ikan tenggiri tak lepas dari kandungan omega 3 dan vitamin B12 yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Tak hanya itu, ikan tenggiri juga termasuk ikan yang kaya akan lemak sehat


2.  Ikan Tuna 
sumber gambar: google

Ikan tuna adalah jenis ikan laut ke delapan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan tuna mata besar atau Thunnus obesus (Scombridae) hidup di perairan lepas pantai, laut dalam, kadar garam tinggi sampai kedalaman 250 m. Ikan tuna termasuk ikan buas, karnivor, predator dan dapat mencapai panjang 236 cm, umumnya 60-180 cm.

Namun, kita harus jeli dan teliti dalam memilih tuna, jangan sampai mengonsumsi jenis tuna dengan kandungan merkuri tinggi. Meski demikian, ikan tuna aman dikonsumsi 1-2 kali dalam sepekan. Kandungannya tinggi akan vitamin dan protein


3.Ikan Salmon 


sumber gambar: google

Tanpa perlu di pertanyakan lagi, salmon adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Jenis asam lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, salmon juga kaya akan vitamin D dan kalsium. Ibu hamil juga direkomendasikan mengonsumsi salmon secara berkala terutama di trimester ketiga kehamilan


4. Ikan Kod 


sumber gambar: google

Ikan kod termasuk jenis ikan yang kaya akan fosfor, niacin, danvitamin B-12. Sementara kandungan protein dalam satu porsi ikan kod cukup tinggi, sekitar 15-20 gram. Tak perlu ragu mengonsumsi ikan cod cukup sering karena kandungan kalori dan lemaknya tergolong rendah.


5. Ikan Sarden 


sumber gambar: google

Menurut ahli, ikan sarden juga mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, selenium, protein, vitamin B-12, dan asam lemak omega 3. Ikan sarden mudah ditemukan dengan harga terjangkau, mengolahnya pun mudah. Apabila ikan sarden yang dikonsumsi dalam bentuk kaleng, pastikan memerhatikan berapa kandungan sodium tambahan di dalamnya.


6. Ikan Trout 


sumber gambar: google

Dengan bentuk serupa seperti salmon, ikan trout juga bisa menjadi pilihan ikan sehat untuk dikonsumsi. Biasanya, jenis ikan trout yang diternak bisa dipastikan rendah merkuri sehingga aman dan sehat dikonsumsi. Dalam tiap 100 gram ikan trout, terdapat 19,94 gram protein dan 4,3 mikrogram vitamin B12 sehingga sehat dikonsumsi.


Biasanya, ikan dengan ukuran lebih besar bisa jadi mengandung merkuri lebih tinggi. Ini terjadi karena waktu akumulasi substansi metal beracun dalam tubuh ikan cenderung lebih lama. Untuk mendapatkan manfaat dari ikan lebih maksimal, sebaiknya konsumsi ikan 3 kali dalam seminggu dengan jenis bervariasi.

Baca juga: Bahaya merkuri untuk kesehatan tubuh
               

No comments:

Post a Comment