Monday, September 14, 2020

3 SIFAT DARI ARTIFICIAL LURE

Bagi para angler yang menggeluti sport fishing khususnya teknik casting dengan menggunakan umpan buatan (artificial lure) pasti sering menemukan istilah-istilah seperti suspend, floating dan sinking pada keterangan yang tertera di lure kesayangan anda. Jika kita kaji lebih dalam, istilah-istilah tersebut sebenarnya mengacu kepada sifat lure yang yang sudah di-setting oleh pabrikan ataupun handmaker (istilah bagi pengrajin lure handmade) pada saat lure dalam keadaan diam (no action) di air (bukan ketika kita retrieve).

Seringkali para pemancing salah mengartikan tentang istilah floating, suspend dan sinking. Nah, kali ini tipsmancing.com akan menjelaskan kepada anda tentang istilah-istilah yang tertera di label lure kita agar nantinya anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas tentang sifat dan karakter lure kesayangan kita.


Floating 

sumber google

Umpan tiruan yang memiliki sifat floating adalah umpan yang akan mengapung pada saat kita lemparkan ke dalam air. Mengapung dalam hal ini adalah lure yang kita gunakan akan mengapung apabila kita tidak melakukan retrieve. Umpan tiruan yang mengapung di air apabila kita diamkan (no action) termasuk dalam kategori lure floating.

Selain sifat mengapung yang dimiliki lure floating tidak jarang kita juga akan menemui keterangan tentang kedalaman (depth) yang bisa diselami lure kita pada saat kita retrieve. Hal ini disebabkan sifat lure floating yang tidak akan tenggelam pada saat kita diamkan maupun kita retrieve.


Suspend 


sumber google

Umpan tiruan yang memiliki sifat suspend adalah umpan yang akan melayang pada saat kita lemparkan ke dalam air. Sama halnya dengan lure floating, lure suspend akan melayang apabila kita tidak melakukan retieve (no action). Lure tipe suspend juga biasa diberi label keterangan tentang daya selam (depth) di setiap kemasan maupun di bagian body lure itu sendiri. Lure jenis suspend ini juga tidak akan tenggelam apabila kita diamkan (no action) maupun saat kita retrieve.


Sinking 



Sinking yang berarti tenggelam dalam bahasa Indonesia merupakan sifat ketiga yang akan kami terangkan disini. Lure sinking akan akan tenggelam jika kita lemparkan ke dalam air dan kita diamkan (no action). Lure dengan sifat sinking ini sejatinya akan semakin tenggelam apabila kita retrieve secara pelan (slow retrieve) dan akan semakin naik ke permukaan apabila kita retrieve secara kencang (fast retrieve).

Biasanya kita tidak akan menemukan keterangan tentang daya selam (depth) dari lure sinking dikarenakan daya selam dari lure sinking tergantung dari kecepatan sang angler dalam melakukan retrieve. Namun beberapa pabrikan lure terkadang mencantumkan keterangan tambahan seperti heavy/fast sinking dan low sinking. Kedua istilah diatas sebenarnya hanya menggambarkan kecepatan lure tenggelam ketika di dalam air.


Nah, semoga informasi tentang sifat-sifat lure diatas bisa menambah pengetahuan anda tentang lure kesayangan kita. Kita tentunya akan menggunakan tipe-tipe dan sifat lure yang berbeda tergantung dari target ikan apa yang akan kita pancing. Selain itu, faktor kondisi spot (kedalaman air dan lain-lain) juga mempengaruhi pemilihan tipe lure yang akan kita gunakan nantinya.

sumber: mancingmania.com

No comments:

Post a Comment