Tuesday, September 15, 2020

10 MANFAAT IKAN PATIN BAGI KESEHATAN TUBUH



Ikan patin merupakan ikan yang tergolong satu spesies dengan lele. Ikan patin memiliki nama ilmiah Pangasius dan memiliki banyak jenis, yaitu jambal, humeralis, lithostoma, nasutus, polyuranodon, niewenhuisii. Ikan ini biasanya hidup di tepi sungai-sungai besar.

Ikan patin berbentuk panjang, dengan warna putih perak punggung berwarna kebiruan. Ikan ini bisa dikonsumsi menjadi menu hidangan yang lezat dan jadi lauk pelengkap nasi. Saat dimakan, rasanya gurih dan lembut.

Tapi tahukah kamu, kalau semua bagian ikan patin bisa dimanfaatkan? Kepala dan daging ikan patin ternyata bisa dimasak. Sedangkan bagian tulang atau durinya bisa dijadikan sebagai campuran kaldu ikan. Tak hanya lezat, ikan patin juga kaya akan asupan gizi yang baik untuk tubuh.

Ikan patin dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan protein dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Selain itu ikan patin juga kaya akan protein dan gizi yang baik untuk tubuh



Manfaat Ikan Patin 


1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Salah satu manfaat ikan patin bagi kesehatan adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini bahkan mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7,43% kandungan pada daging ikan patin ini adalah asam oleat. Hal ini tentunya sangat baik untuk kamu yang mengalami berbagai masalah pada jantung, dan penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya


2. Mengurangi Kandungan Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh dalam patin dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol. Dalam 100 gram ikan patin saja, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol. Khasiat hebat ini juga terdapat pada ikan lele


3. Mencegah Jantung Koroner

Memiliki kadar kolesterol rendah dalam darah membuat tubuh menjadi sehat. Terutama bagian jantung, sebab kadar kolesterol tinggi erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung. Memakan ikan patin pun tidak akan membuat aliran darah di dalam pembuluh darah tersumbat.


4. Membantu Pembentukan Otot


Ikan patin kaya akan protein yang tinggi. Protein dapat bekerja membentuk, mengencangkan, menambah massa, dan memperkuat otot. Selain itu ikan patin juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan terus naik dan tidak mudah terserang penyakit


5. Menjaga Kesehatan Tulang


Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi pada ikan patin akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh dalam sehari. Manfaat ikan patin bagi kesehatan selanjutnya dipengaruhi kandungan fosfor dan kalsium ini.

Jika kamu mengonsumsi ikan patin berikut dengan tulangnya, kamu akan mendapatkan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang. Apalagi, kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi, hingga mencegah osteoporosis.


6. Menambah Kinerja Otak

Ikan patin dikenal dengan omega-3 dan omega-6 tinggi, yang tidak kalah dengan ikan salmon. Salah satu manfaat dari dua kandungan itu adalah untuk memperlancar kinerja otak. Pantas saja ikan termasuk ikan tawar yang cukup mengagumkan.


7. Membantu Menaikkan Trombosit


Apabila trombosit rendah, maka risiko penyakit demam berdarah akan naik. Ikan patin kaya akan vitamin yang berkontribusi besar pada tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin pada patin memiliki peran penting dalam menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.


8. Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

Manfaat ikan patin bagi kesehatan juga baik untuk bayi. Hal ini tentunya bagus dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Ikan Patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin selama masa kandungan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada Ikan Patin. Asam lemak esensial ini dikenal dengan Omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Omega-3 dipercaya mendukung kecerdasan anak dan memperkuat system kekebalan tubuh. Kadar DHA di dalam ikan patin mencapai 5,45 % sedang kadar EPA mencapai 0,78 %.

Dengan mengonsumsi ikan patin pada masa kehamilan, hal ini dapat menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan, menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal, dan menjaga janin agar tetap sehat.


9. Mencegah Stroke

Kadar kolesterol yang tinggi dapat berakibat terkena penyakit jantung. Saat jantung tak bisa mengalirkan darah dengan baik pada otak, maka tubuh dapat terserang penyakit stroke. Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa mengurangi kadar kolesterol dengan baik


10. Mengatur Kadar Elektrolit Dalam Tubuh


Tubuh membutuhkan elektrolit. Elektrolit merupakan mineral yang membawa muatan fosfat, kalium, natrium, klorida, magnesium, kalsium, dan listrik. Elektrolit ini biasanya masuk melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ikan patin menjadi salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar elektrolit dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment