Tuesday, August 11, 2020

JENIS-JENIS SWIFFEL DAN KEGUNAANNYA MASING-MASING




Swivel/kili-kili merupakan accessories pelengkap dalam memancing yang berfungsi untuk mengurangi kekusutan atau pelintiran tali senar, selain itu penggunaan swivel juga dapat mempermudah simpul. Umumnya swivel ditempatkan diantara tali senar dan umpan.

Swivel terbuat dari bahan kuningan dengan finishing nickled, polished dan black nickled. Efisiensi kerja swivel akan terhambat apabila terjadi korosi/karat serta akumulasi pasir dan lumpur, jika keadaan demikian dibiarkan terus menerus maka akan meningkatkan gesekan selip tiap putaran akibatnya putaran swivel jadi kaku dan senar melintir.

Keunggulan swivel ialah dapat mengurangi kemungkinan senar bergulung–gulung dan menjadi kusut karena alat ini akan selalu berputar secara bebas. Namun ada banyak jenis swiffel dan kegunaannya pun berbeda juga. Berikut beberapa macam jenis swiffel beserta kegunaanya


Ball Bearing Swiffel 


 Jenis ini adalah yang paling kuat  dan sangat  sesuai untuk teknik trolling dan memancing ikan target yang besar dan ganas. Harganya 2 kali lebih mahal sedikit dari jenis swiffel lainnya, swiffel jenis  ini mempunyai kacang-kacang (ball bearing) didalamnya dan akan berputar dengan baik.




Barrel swiffel 


Swiffel jenis ini paling gampang dan banyak di temukan di toko-toko pancing umumnya. sebagian besar pemancing umumnya menggunakan swiffel jenis ini karena murah dan gampang di temukan.
Terdapat dua macam jenis barrel swiffel, yaitu lurus (straight) dan twisted eye, swiffel ini cocok digunakan untuk mancing dasaran dan untuk casting dengan target ikan yang tidak terlalu besar.



Crane Swiffel


Swiffel ini merupakan swiffel dengan 2 bolongan atas dan bawah. Ada yang terbuat dari stainles steel,kuningan, dan nikel. Bahan stainles steel lebih unggul dari ke dua nahan lainnya. Rangkaian dari swiffel ini akan berputar bebas, cocok di gunakan baik di laut maupun di air tawar.





Rolling swiffel 



Swiffel ini memiliki putaran yang sangat halus sehingga cocok di gunakan di laut maupun di air tawar, swiffel jenis ini sangat cocok untuk casting, karena gerakan perputaran swiffel ini yang sangat halus, dan cepat membuat gerakan dan action lure menjadi lebih sempurna.




3 Way Swiffel 



Seperti namanya, swiffel ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki 3 jalur untuk mengikat senar dan membuat rangkaian pancing. Swiffel ini lebih cocok untuk mancing ikan dasaran karena tidak banyak menimbulkan gerakan.





Crossline Swiffel 



    Rangkaiannya hampir sama dengan 3 way swiffel, namun yang berbeda adalah letak bolongannya yang yang memiliki 2 bolongan lurus menghadap dan yang satunya terletak di antara keduanya. Sama dengan 3 way swiffel, cocok di gunakan untuk mancing dasaran.




Snap Swiffel 


 Kegunaannya adalah sama yaitu menyambung tali utama pada  umpan tiruan serta menentukan bahwa tali tidak berbelit atau bersimpul semasa memancing.Penggunaan baja anti karat berguna mencegah terjadinya karat yang muncul, apalagi jika anda menggunakan rangkaian pancing ini pada pemancingan di laut, sehingga berpengaruh pada harga juga. Harga swivel berkisar antara Rp. 300 hingga Rp 10.000 tergantung besar, jenis, serta bahan yang digunakan.

No comments:

Post a Comment