Sunday, August 30, 2020

CARA MERAWAT REEL AGAR TAHAN LAMA



Umur reel pancing tergantung dari pemakaian dan perawatan dari para angler tersebut, tidak peduli semahal atau secanggih apa reel anda. Merawat reel pancing secara berkala adalah keharusan agar tetap optimal.

Di dunia pemancingan, reel adalah suatu komponen yang sangat penting, dalam kegiatan memancing reel merupakan sebuah alat utama yang selalu di pakai dan di bawa oleh para angler setiap akan berpergian mancing.

Memancing di laut maupun di air tawar, seringkali para angler malas untuk membersihkan reel setelah memancing, ya mungkin karena lelah jadi malas buat bersihin reel, namun tindakan ini sangat salah, karena reel yang sudah di pakai seharian harus di bersihkan dengan air bersih, apalagi memancing di laut, jika tak di bersihkan bisa-bisa reel anda karatan atau keropos.

Berikut beberapa cara untuk merawat reel agar bisa tahan lama:

Cuci Reel Setelah Mancing 

Setelah melakukan kegiatan mancing, alangkah baiknya reel harus di bersihkan dengan air bersih dan di cuci terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang menempel pada reel dan senar. Anda bisa dengan menyiram reel di bawah air kran yang kecil. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada reel, setelah disiram dan di cuci dengan air, keringkan lalu lap reel dengan kain bersih.


Pemeriksaan Rutin 

Bukan hanya di bersihkan saja, reel juga harus sering di periksa agar awet. Periksa apakah handle berputar dengan normal, apa handle tidak tersendat saat di putar.

Periksa Gemuk 

Jika di dalam ada minyak gemuk yang menggumpal, berarti reel tersebut telah dalam kondisi parah dan harus di beri gemuk yang baru, caranya dengan membuang isi gemuk di dalam reel yang telah menggumpal, kemudian bersihkan komponen reel dengan bensin, kemudian beri gemuk yang baru

Periksa roda penggulung 

Roda penggulung (line roller) yang bagus apabila berputar dengan lancar. Jika line roller tidak berputar dengan lancar, maka sebaiknya harus di ganti, karena bila line roller macet, maka akan menyebabkan permukaan roda cacat sehingga senar yang di lewatinya mudah keriting atau cacat dan hal yang fatal bisa menyebabkan putus ketika saat sedang fight dengan ikan.

Gunakan Reel Sebagaimana Mestinya 

Sebagian besar kerusakan reel di karenakan human error, bukan kesalahan manufaktur.

Jangan menyeret beban menggunakan kekuatan reel. Fungsi dari reel tersebut adalah menggulung senar dan menahan beban. Sedangkan untuk menarik beban ada pada joran, bukan pada reel. Dan jangan menahan spool menggunakan tangan saat reel mendapatkan beban. Manufaktur sudah membuat drag dengan kemampuan seimbang dengan part lain.
Menahan drag atau spool saat reel mendapat beban dapat menyebabkan kerusakan pada part lain.


Gunakan Grease Sesuai Standar Dan Secukupnya 

Karena reel banyak terdapat bagian plastik atau karet seperti pada seal,  selalu gunakan grease standard reel. Menggunakan grease yang tidak semestinya dapat merusak sistem seal pada reel.
Maka dari itu gunakan seal secukupnya, tidak jarang bagian reel di penuhi oleh grease sehingga mengganggu sistem mekanisme reel itu sendiri.


Sekian beberapa cara merawat reel pancing sederhana dari kami. Jika anda memiliki pengalaman merawat reel silahkan tulis pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment