Monday, July 13, 2020

SPOT MANCING TERBAIK DI ACEH

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung paling barat indonesia atau paling ujung utara Pulau Sumatra. Daerah ini dikenal dengan tsunami yang dahsyat pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 160.000 penduduk.

 Dari segi wisata, Aceh sangat populer dengan destinasi Pulau Sabang atau Pulau Weh yang menawarkan spot diving kelas dunia lebih dari 20 spot terbaik dengan berbagai jenis species ikan langka dan banyak jenis karang.

 Disamping itu, Aceh juga terdapat banyak sekali tempat wisata yang tersebar di kabupaten kota seperti Pulau yang banyak dan lautnya seperti Maldives, Pulau Aceh, Aceh Besar dengan lhoknga sebagai surga bagi peselancar, Simeulue dan lain-lain.

 Aceh juga terdapat salah satu Taman nasional yang paling terkenal di Indonesia yaitu Taman Nasional Gunung Leuser yang bisa anda jelajahi dengan adventure seperti mendaki, camping, trekking untuk melihat orangutan, siamang, gajah dan binatang langka lainnya dan dilindungi dan banyak aktivitas wisata lain yang dapat dilakukan disini.

Mancing di Aceh menawarkan anda pengalaman fantastis dengan sensasi strike ikan kelas dunia. Aceh memiliki 119 pulau yang masing masing pulau ini menawarkan sensasi memancing tersendiri. Diantara spot spot mancing terbaik di Aceh tersebar di Pulau Sabang, Pulau Aceh, Simeulue, Andaman, Pulau Banyak, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Timur, Langsa, Aceh Barat dan Aceh Besar.

Laut Aceh memiliki kekayaan laut yang melimpah termasuk terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan. Menurut data perikanan Aceh, ikan yang ditangkap mencakup Cakalang, Ikan Sardinella, Tuna Mata Besar, Tuna Sirip Kuning, Ikan Todak, Ikan Tenggiri, Ikan Tenggiri Spanyol, Ikan Kerapu, Ikan Kakap, Lobster, Ikan Bandeng, Kembung, Kerapu Macan dan GT.

Wisata mancing yang asyik di Aceh sangat luar biasa dan banyak tempat. Ada banyak ikan monster di temukan di Aceh. Ada banyak spot untuk mancing kelas berat. Dengan banyak teknik mancing seperti popping, jigging dan casting untuk menarik ikan predator besar. Berikut beberapa spot mancing di aceh yang telah di kutip safariwisata:

1.Pulau Sabang 
sumber google

Sabang terletak di sebelah paling barat indonesia yang merupakan titik dimana indonesia mulai yaitu tugu Nol Kilometer Indonesia. Sabang merupakan salah satu tempat memancing terbaik di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Laut Andaman dan Selat Malaka. Laut Sabang memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Di pulau ini pemancing akan menerima tantangan untuk strike dengan monster di spot spot tertentu. Anda dapat menangkap ikan besar seperti Gt, Tuna Sirip Kuning, Tuna Gigi Anjing, Kakap Merah, Layaran, Wahoo, Kerapu dan lain lain


2. Pulau Aceh 


sumber google


Pulau Aceh atau Pulo Aceh adalah kepulauan di Aceh yang terdiri dari beberapa pulau dengan dua pulau besar yaitu Pulo Breueh dan Pulo Nasi. Pulau Bunta, Pulau Keureusek dan Pulo Batee adalah beberapa dari pulau pulau yang ada di pulau Aceh yang menawarkan tempat memancing yang spektakuler. Banyak nelayan dari Banda Aceh pergi ke pulau ini untuk memancing dan menangkap ikan seperti tuna dan kerapu untuk di ekspor. Pulau terluar dari pulau ini adalah Pulau Benggala yang merupakan spot terbaik untuk menagkap GT dengan ukuran yang besar. Namun pulau pulau ini ada spot spot spesifik yang berkarang yang khusus dihuni oleh ikan predator.

3. Andaman 


sumber google


Andaman adalah daerah pemancingan perairan terbuka biru yang indah yang akan menawarkan anda pengalaman mancing yang menakjubkan. Di sini anda memiliki kesempatan untuk menangkap tuna mata besar, tuan sirip kuning, tuna gigi anjing, GT, kakap besar, kerapu besar, marlin dan lain lain. Ada beberapa spot yang tidak banyak diketahui orang disini dengan kondisi spot yang sangat dalam. Spot ini merupakan spot untuk pemancing kelas berat.


4. Simeulue


sumber google

Simeulue adalah sebuah pulau dan merupakan salah satu kabupaten di Aceh dengan ibukota Sinabang. Simeulue merupakan salah satu destinasi selancar dan produsen lobster terbesar di Indonesia yang diekpor ke luar negeri. Simeulue berbatasan langsung dengan Samudera Hindia mempunyai sumber ikan yang sangat tinggi dengan area tangkapan ikan yang luas. Ikan yang paling sering ditangkap disini seperti tuna, kerapu macan, kerapu sunu, kakap dan banyak lagi jenis ikan. Di Sinabang anda dapat dengan mudah menemukan banyak ikan dan lobster. Ada kuliner lobster yang layak anda coba. Simeulue memiliki teluk besar, Teluk Dalam dan Teluk Sibigo. Jika anda tertarik memancing di Simeulue, Pulau Simeulue Cut, Pulau Mincau, Pulau Babi, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Lasia yang merupakan beberapa tempat terbaik untuk mancing. Ada banyak tempat memancing disini dan anda tidak selesai menjelajahi dalam beberapa hari.


5. Pulau Banyak 

sumber google

Pulau Banyak adalah kepulauan di Aceh yang menawarkan wisata bahari yang spektakuler. Pulau ini layaknya maldive dengan laguna. Mancing di Kepulauan Banyak adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Pulau ini memiliki kehidupan laut yang melimpah dan taman laut yang luas. Spot spot terbaik untuk mancing di sini seperti Pulau Ujung Batu, Pulau Palambak, Pulau Tuanku, Pulau Bangkaru, Ujung Silinger (Arus Deras), Ujung Solok, Pulau Tabala, Pulau Rago, Sikandang, Balong, Balai, Haloban, Tailana dan lain-lain. Pulau Bangkaru terbatas untuk mancing karena pulau ini ditetapkan sebagai taman yang dilindungi yang merupakan rumah bagi berbagai macam jenis penyu. Apa yang menjadi target ikan disini yaitu Kerapu Bungkuk, Kerapu Marmer Coklat, Kerapu Raksasa, Kakap Merah, GT dan tuna sirip kuning


6. Aceh Jaya




Aceh Jaya adalah salah satu tujuan mancing special.Ada beberapa spot di tengah laut uang sangat cocok untuk jigging dengan spot karang yang luas. Menurut tim safariwisata.co.id,  GT dengan ukuran besar sangat mudah di tangkap dan pada saat memancing mereka melihat pari melewati dibawah boat dengan ukuran yang sangat besar. Selain GT anda juga bisa menangkap YFT, Barakuda, Tenggiri, Kakap dan Kerapu.


7. Aceh selatan


sumber google

Jika anda berwisata ke Aceh Selatan, anda harus mencoba mancing disini. Aceh Selatan merupakan salah satu lumbung ikan predator besar dengan banyak spot.

8. Aceh Timur 

Aceh timur memliki panjang pantai yang panjang dan merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan. Di Aceh Timur memliki banyak spot muara dan sungai. Salah satu spot populer adalah Kuala Idi, jika anda ingin merasakan sensasi tarikan kerapu 20kg, anda boleh datang kesini.

9. Aceh Barat 

sumber google

Aceh Barat juga merupakan daerah penghasil ikan yang dikirim ke Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Anda senang dengan memancing fly fishing. Spot terbaik untuk teknik ini di Pusong. Dengan air yang biru anda bisa menangkap ikan Bluefin Trevaly, Barakuda, GT, tarpon. Spot ini juga spot terbaik untuk ultra-light fishing.

10. Aceh Besar 

pantai lange aceh besar

Aceh Besar adalah salah satu kabupaten yang luas di Aceh yang terletak di ujung barat laut Pulau Sumatra dengan bagian timur dan utara berbatasan dengan samudera Hindia dan Selat Malaka. Spot mancing di Aceh Besar sangat banyak seperti Pulau Aceh, Lhokseudu, Lhoknga, Krueng Raya, Lhong dan lain-lain. Kabupaten ini juga memiliki spot memancing ultra-light yang sangat banyak baik laut, sungai, mangrove dan kuala.


sumber safariwisata.co.id

No comments:

Post a Comment