Thursday, July 2, 2020

KANDUNGAN GIZI IKAN TUNA YANG WAJIB DI KETAHUI



Ikan adalah sumber makanan yang sehat dan dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. khususnya ikan tuna.Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan laut dengan ukuran tubuh yang terbilang besar, bahkan bisa mencapai bobot 680 kilogram. Ikan ini menjadi favorit sebagian besar orang karena mudah diolah dan punya daging yang tebal dengan tekstur lembut saat dimakan. Meski begitu, belum banyak orang yang tahu kalau ikan tuna menyimpan segudang khasiat baik untuk tubuh.

Manfaat ikan tuna di dapatkan dari kandungan gizinya yang tak kalah lengkap. Mulai dari protein hingga omega-3, berikut ini kandungan yang bisa anda dapatkan dalam 85 gram daging tuna:

  • Kalori 100&
  • Lemak 5 gram
  • Natrium 290 mg
  • Karbohidrat 0 gram
  • Protein 22 gram
  • Vitamin D: 6%daro total kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 6% dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B12:15% dari total kebutuhan harian
  • Zat besi: 4% dari total kebutuhan harian



    Manfaat Konsumsi Ikan Tuna

Selain rasa dagingnya yang lezat, ikan tuna memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan tuna: 

1. Menyehatkan Jantung  

Dari total lemak yang ada pada ikan tuna, sebagian besar kandungannya merupakan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3  tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida di dalam darah, mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung, dan memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah.

2. Menyehatkan Mata 

Manfaat lain dari kandungan omega-3 mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. selain itu, mengkonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan resiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Tidak hanya baik untuk jantung dan mata.Kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam tuna juga membuatnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada pada tuna juga berperan sebagai vasodilasator atau melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa berkurang.

4. Meningkatkan Daya Tubuh

Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.

5. Mendukung Tumbuh Kembang Anak 

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Kandungan ini, bisa dibilang sebagai pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. Ikan tuna merupakan asupan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi si buah hati anda

6. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Mengonsumsi sekitar 50 gram tuna saja sudah dapat memenuhi 60% kebutuhan selenium di tubuh. Selenium adalah sejenis antioksidan yang dapat membantu tubuh terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas dan penting untuk kesehatan reproduksi.

7. Mencegah Kanker 

Manfaat ikan tuna yang satu ini berasal dari antioksidan yang dimilikinya. Kandungan ini memang bisa mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal.

8. Menambah Energi 

Vitamin B kompleks yang ada pada tuna bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan energi di tubuh. Selain itu, komponen ini juga dinilai mampu melindungi kulit dari kerusakan dan meningkatkan efisiensi fungsi organ.

9.  Menjaga Fungsi Ginjal 

Mengonsumsi tuna bisa membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Hal ini penting. Sebab, ginjal kita dapat berfungsi dengan baik dan risiko timbulnya kerusakan ginjal pun akan berkurang, jika cairan tubuh seimbang.

Meski begitu, apabila memiliki riwayat mengalami penyakit ginjal kronis, pastikan Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter sebelum mengonsumsi tuna. Sebab, tuna mengandung kalium dan fosfor. Keduanya bisa menumpuk di tubuh dan berbahaya bagi tubuh.

10. Memperlancar Sirkulasi Darah 

Ikan mengandung zat besi dan jika digabungkan dengan vitamin B kompleks yang juga dimilikinya,kandungan ini  akan berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, pasokan sel darah merah di tubuh akan selalu terjaga dan sirkulasinya pun lancar.


Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsinya 

Meskipun ada berbagai manfaat ikan tuna untuk mengoptimalkan fungsi dan segala proses kimia di dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

Sebab, salah satu masalah utama dengan ikan tuna adalah kandungan merkurinya. Sejumlah besar merkuri dapat berbahaya bagi sistem saraf sehingga Anda perlu untuk membatasinya.

Supaya lebih aman, sebaiknya konsumsi ikan ini dalam seminggu cukup 1-2 kali, atau maksimal sebanyak 6 ons atau 170 gram per minggu.

Baca juga: 6 Jenis ikan yang tidak boleh di konsumsi terus menerus
                3 jenis ikan paling sehat dan rasanya lezat 

No comments:

Post a Comment