Saturday, July 25, 2020

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN BANDENG UNTUK KESEHATAN




Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah)[1]. Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish)

Mereka hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadang kala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan muda disebut nener (IPA : nənər ) dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah cukup besar (biasanya sekitar 25–30 cm) bandeng dijual dalam keadaan segar atau sudah dibekukan. Bandeng diolah dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap.

Bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa daging netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Dari sisi harga, bandeng termasuk ikan kelas menengah ke atas. Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, hidangan bandeng menjadi bagian tradisi wajib bagi warga Tionghoa asli Jakarta dan sekitarnya

Kandungan Gizi Ikan Bandeng 

Komposisi gizi per 100 gram daging ikan bandeng adalah energi 129 kkal, protein 20 gr, lemak 4,8 gr, kalsium 20 mg, fosfor 150 mg, besi 2 mg, vitamin A150 SI dan vitamin B1 0.05 mg.

 Protein bandeng cukup tinggi, sehingga kondisi ini menjadikan ikan bandeng sangat mudah dicerna dan baik di konsumsi oleh semua usia untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi.

 Ikan bandeng juga mengandung asam lemak omega-3, dimana asam lemak ini bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah sehingga mengurnagi terkena arteriosclerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah, mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam pertumbuhan otak.

sumber: dkptendri01.wordpress.com


Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan Bandeng selain rasanya yang lezat, adapun manfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh anda, di antaranya:

Mencegah penyakit jantung koroner dan kolesterol

Kandungan turunan asam lemak omega 3 berupa ERA dan DHA bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga serangan jantung koroner pun bisa dicegah. Selain itu, asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin


Ikan bandeng merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Ini baik untuk ibu hamil dan janin yang membutuhkan banyak protein untuk pembentukan tulang serta kecerdasan otak. Asam lemak tidak jenuh dalam ikan bandeng baik untuk pertumbuhan sistem saraf, otak, dan kecerdasan janin serta mencegah depresi pada ibu hamil.

Menunjang fungsi tulang dan gigi

Anda yang gemar makan ikan bandeng terlebih yang dipresto sehingga tulangnya bisa dimakan akan mendapatkan sejumlah kalsium yang baik untuk fungsi tulang dan gigi. Untuk menikmati ikan bandeng presto yang sudah dikemas, Anda cukup mengukus atau goreng sebentar saja dan bisa Anda nikmati.

Menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh

Ikan bandeng juga berkhasiat menjaga mata serta meningkatkan kekebalan tubuh lewat kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada ikan bandeng.



sumber : beritagar.id
dkptendri01.wordpress.com

No comments:

Post a Comment