Thursday, June 25, 2020

TIPS MUDAH AGAR SENAR PANCING TIDAK KERITING



Senar merupakan komponen utama dalah hal piranti pancing. Senar menjadi penghubung antara reel,joran, dan mata kail yang akan menancap di mulut ikan saat fight.

Dalam pemancingan teknik dasar di fresh water yang menggunakan umpan, seperti di kolam ikan,sungai,rawa dan danau tentu kita semua menggunakan senar monofilament (nylon).

Nylon sudah sangat di kenal bagi para pemancing, karena senar ini umum di gunakan para pemancing, baik pemancing pemula,nelayan ikan, bahkan pemancing professioal  juga menggunakan senar jenis ini.

Namun, banyak dari kita yang mengalami senar keriting setelah maancing, senar keriting menyulitkan kita untuk memancing, terutama di perairan fresh water.

Senar yang sudah keriting atau kusit sangat sulit di urai, hal yang biasa di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memotong senar tersebut

Memotong senar pancing bukan satu-satunya solusi yang ada, memotong senar justru akan merugikan kita karena secara otomatis panjang senar akan berkurang.

Menjaga senar pancing agar tidak mudah keriting ini sebenarnya mudah dan tidak ribet, berikut cara menjaga agar senar tidak mudah keriting dan kusut menurut pengalaman tipsmancing.com

1. Gunakan Ring Guide Paling Atas Yang Bagus 
contoh ring guide exory

Ring guide sangat berpengaruh terhadap senar, ring guide yang berkualitas rendah apalagi yang masih terbuat besi akan menyebabkan senar tersebut mudah keriting bahkan bisa merusak kualitas senar.

Pastikan ring guide anda sudah terbuat dari keramik seperti gambar di atas, jika ring guide di joran anda masih dari besi, sebaiknya di ganti.

2. Perhatikan Line Roller 

Penyebab senar mono keriting yang lainnya adalah line roller yang macet,line roller yang putarannya sudah macet maka akan menyebabkan senar mudah rusak.

Hal ini jarang di sadari para pemancing, terutama untuk reel yang berharga 500ribu kebawah.Umumnya line roller terbuat dari bahan metal. Ketika macet, senar akan mudah keriting karena gesekan dari line roller.
Maka alangkah baiknya anda memeriksa terlebih dahulu line roller anda sebelum pergi mancing.

3. Perhatikan Lokasi Mancing 

Gesekan senar dengan benda lain sering terjadi dan susah untuk di hindari. Mungkin hal ini sudah biasa di alami ketika memancing di alam liar, namun ketika senar bergesekan dengan benda-benda asing seperti sampah,ranting kayu, batu karang akan mengurangi elastisitas senar dan akan membuat senar mudah kusut.

Aliran sungai yang deras dan deburan ombak akan membuat umpan berputar-putar sehingga membuat senar akan mengelinting dan kusut atau keriting.

Jika memancing di area tersebut sebaiknya gunakan swiffel atau kili-kili pada sambungan senar dan pemberat.Dengan swiffel, walaupun umpan berputar-putar senar tidak akan ikut keriting karena swiffel juga akan berputar mengikuti umpan dengan lancar.


Lalu apa yang harus di lakukan kalau senar sudah terlanjur keriting atau kusut? anda bisa mengikuti cara tipsmancing untuk memperbaiki senar yang keriting dengan cara berikut:

Rebus air hingga panas, kemudian masukkan senar pancing anda yang keriting atau kusut ke dalam air yang di rebus. biarkan beberapa saat hingga senar tersebut kembali ke bentuk semula, jangan terlalu lama merebus senar untuk menghindari kerusakan senar.

anda juga bisa memasukkan 2 sendok teh ke dalam air rebus tersebut untuk menambah warna pada senar agar warnanya menjadi menarik kembali.



No comments:

Post a Comment