Tuesday, June 2, 2020

TEKNIK MANCING DI KARANG DANGKAL YANG SANGAT AMPUH...!!!

teknik mancing karang dangkal

laut merupakan surga bagi para pemancing mania nusantara, seperti di pinggir laut,di pulau, dan bahkan di tengah laut.



Kali ini tipsmancing akan membahas dan memberikan tips untuk anda yang menyukai mancing di lokasi pinggir laut atau di karang dangkal seperti di pulau dan di pantai berkarang.



Di karang dangkal terdapat banyak spesies ikan yang bisa kita pancing untuk di jadikan lauk pauk, seperti ikan GT(giant trevally), kerapu dan ikan karang lainnya.



Memancing di karang dangkal sebaiknya menggunakan pelampung agar mencegah mata kail tersangkut di terumbu karang dasar lau, tidak seperti memancing di tengah laut yang hanya menggunakan teknik dasaran. Tentunya teknik dan persiapan piranti memerlukan cara yang sangat berbeda.



Untuk memancing di karang dangkal, anda bisa menggunakan 2 teknik, yaitu teknik pelampung dan teknik casting.



Pada teknik casting, kita bisa menggunakan lure dengan tipe floating, tipe floating adalah lure yang bisa di aplikasikan di karang dangkal.

Minnow dengan tipe floating memiliki efektifitas kala di aplikasikan di laut karang dangkal. Sebab minnow ini memiliki bentuk yang ringan dan mengambang di permukaan air. Aplikasi retrive stop and go sangat cocok di terapkan agar mampu menarik perhatian ikan predator. Lure jenis ini memiliki kelebihan cenderung lebih aman dari kotur dasar laut yang memiliki banyak sangkutan karang-karang.



Untuk ikan GT atau Giant Trevally bisa menggunakan teknik popping dimana teknik ini biasanya di gunakan di sekitar terumbu karang yang menonjol di permukaan air, atau di sekitar pulau dengan bentuk pecahan ombak. Ikan Gt umumnya memburu makanannya berupa ikan-ikan kecil yang berenang di area tersebut.





Pada teknik pelampung tentu harus melihat kondisi dasar laut tersebut, jika dasar laut memiliki banyak karang, sebaiknya gunakan pelampung, hal ini bertujuan agar mata kail tidak tersangkut di terumbu karang, karena jika kail tersangkut pastinya memancing pun akan berantakan dan gagal. Tentunya teknik ini selain bisa di lakukan di karang dangkal bisa juga di lakukan di tempat lainnya menentukan spot mancing.



Hal pertama yang harus di siapkan dalam memancing di karang dangkal yaitu memilih jenis umpan yang di gunakan. Hal ini di karenakan selain udang sebenarnya ada beberapa jenis umpan lainnya yang bisa di pilih, misalnya cacing laut, cumu-cumi yang terlebih dahulu harus di potong kecil-kecil, dan juga ikan-ikan berukuran kecil ataupun potongan daging ikan yang telah anda potong sesuai ukuran mata kail.



Tentunya dalam menggunakan ikan ini di sesuaikan kondisi atau jenis ikan yang di inginkan. Untuk jenis udang dan ikan kecil biasanya di pakai pada saat air keruh. Namun bisa juga di pakai pada saat air laut jernih, karena udang dan ikan kecil sangat cocok di gunakan kapanpun anda ingin mancing. Sedangkan cumi potong hanya bisa di gunakan pada saat air jernih saja.





No comments:

Post a Comment