Tuesday, June 16, 2020

SPOT MANCING TERBAIK DI INDONESIA



Sebagai negara maritim, tidak mengejutkan bahwa indonesia memiliki surga bahari yang indah, mulai dari tempat wisata darat, sampai wisata air, indonesia adalah negara yang kaya akan alamnya.

Bahkan di Indonesia memiliki surga bagi para pemancing, tempat dimana banyak ikan-ikan monster dan indah.

Nah kali ini tipsmancing.com akan membahas tentang 8 tempat mancing terbaik di Indonesia sebagai berikut:

1. Pulau Weh Aceh 
Sumber: google

Pulau Weh merupakan pulau yang terletak di ujung Indonesia. Selain terkenal sebagai surganya penyelam, Pulau Weh juga populer di kalangan pemancing. Aksesnya juga tidak terlalu sulit. Dari Banda Aceh, kamu cukup melakukan perjalanan kira-kira satu jam dengan menaiki perahu. Patut diperhatikan, tidak ada satu titik spesifik untuk menangkap ikan di sini. Hampir semua lokasi bisa dijadikan tempat melempar kail.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal fasilitas yang ada di sekitar pulau. Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa dipilih, beberapa bahkan menawarkan paket wisata memancing untuk rombongan kecil maupun besar. Ikan yang bisa coba kamu tangkap di sini antara lain adalah tuna dan kerapu. Jika beruntung, kamu bisa juga bertemu hiu mulut besar yang langka di Pulau Weh.


2. Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Sumber: google

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Barat. Terdiri dari beberapa gugusan pulau serta dikelilingi oleh samudera hindia, yang menjadikannya salah satu destinasi wisata bahari yang sangat menarik. Keindahan pemandangan dan kekayaan alam bawah lautnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kepulauan ini pernah dinobatkan sebagai salah satu spot mancing saltwater terbaik di indonesia.

Di tempai ini anda bisa menargetkan berbagai macam jenis ikan seperti kan GT, yellow dan bluefin tuna,doggie,mackerel,green job fish,swordfish,dan masih banyak spesies lainnya yang bisa anda tangkap di daerah ini.


3. Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Sumber: google

Kawasan Pelabuhan Ratu sering disebut sebagai tempat memancing dengan infrastruktur terbaik di Indonesia. Di kawasan ini, banyak sekali spot-spot dimana banyak ikan, dan  tersedia penyewaan kapal untuk memancing yang dilengkapi dengan GPS dan fish finder.

Dengan ditemani dengan anak buah kapal (ABK) yang berpengalaman, Anda bisa melempar kail di dua tempat unggulan di sekitarnya, yaitu di Pantai Malimping dan Perairan Binuangeun.


4.Perairan Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah 

Sumber:google

Di kepulauan ini memang sangat terkenal dengan spot menyelamnya. Banyak turis lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan biota laut, karena di sini anda bisa menyelam atau snorkeling sambil melihat beranekaragam ikan di perairan yang jernih dan pasir putih yang indah.

Begitu kayanya spot ini akan ikan-ikannya, tak heran kalau lambat laun tempat ini jadi salah satu lokasi favorit untuk memancing. Sayangnya, fasilitas mancing di sini masih belum memadai. Padahal, banyak angler yang berkunjung ke sini untuk memancing ikan Tenggiri, Giant Trevally, Kakap hingga Tuna dalam ukuran yang lumayan besar.

5. Pulau Alor Nusa Tenggara 


Siapa tak kenal Kepulauan Alor -NTT. Destinasi wisata mancing kelas dunia ini jadi idaman para penggila sport fishing, tidak hanya di tanah air, tapi juga angler mancanegara. Semuanya ini karena wilayah perairan Alor sangat subur oleh berbagai ikan pelagis dan ikan demersal (Ikan yang habitatnya berada di dasar perairan laut). Alam bawah lautnya kini digadang-gadang juga jadi saingan terberat wisata laut nomer 1 dunia – Karibia.

6. Laut Fak-Fak Papua Barat 

Sumber: google

Laut Fak-fak merupakan surga untuk memancing ikan tuna sdi Papua Barat. Laut dengan kedalaman mencapai 1.000 meter ini menyimpan ribuan ikan tuna yang beratnya bisa mencapai 90 kg.

Di sini tersedia banyak resort yang menyewakan kapal untuk memancing lengkap dengan para ABK. Waktu terbaik untuk memancing di Laut Fak-fak adalah pada bulan November.


7. Pulau Biak Papua

Sumber: google

Tidak hanya di laut fak-fak, Pulau biak juga merupakan lokasi mancing terbaik di papua barat, Ombaknya yang tenang dan arah angin yang sering berubah membuat teknik popping,jigging dan troling cocok untuk di gunakan.

Arus air di sini biasanya relatif tenang, jadi anda  bisa menebar kail terlebih dulu dan santai menikmati pemandangan saat menunggu ikan menyambar umpan. Salah satu ikan yang bisa ditangkap di sini antara lain adalah ikan saramia, atau dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Ruby Snapper.

8. Laut Banda Maluku
Sumber: google

Buat kamu yang pengen mancing ikan berukuran jumbo, spot ini adalah tempat yang paling tepat. Dengan kedalaman laut yang mencapai 5000 meter, ombak yang besar dan angin yang selalu berubah, sudah pasti bahwa tempat ini banyak di huni oleh ikan monster.

Walaupun infrastruktur di lokasi ini masih terbilang belum sempurna, tapi kapal-kapal nelayan bisa anda sewa untuk melakukan trip di lokasi ini. Anda akan di ajak ke zona drop-off dimana tempat ikan-ikan monster berada, tak heran kenapa banyak pemancing profesional yang rela mengeluarkan uang banyak untuk bisa mancing di lokasi ini.


No comments:

Post a Comment