Monday, June 1, 2020

MENGENAL BENTUK METAL JIG DAN ACTIONNYA


Metal jig adalah salah satu dari sekian  buatan yang terbuat dari timah yang menyerupai ikan kecil untuk terget ikan di dasar laut. 
Teknik jigging telah banyak di gemari pemancing Indonesia karena memiliki sensasi yang luar biasa, saat sedang asyik memainkan metal jig tiba tiba ikan menyambar umpan kita sungguh sesuatu yang tidak bisa di bayangkan. 


Jigging sangat efektif di gunakan pada saat siang atau malam hari, dimana pada saat siang hari ikan-ikan besar ada di atas karang dan beberapa jenis ikan pelagis yang kurang menyukai cahaya matahari akan berada di laut yang dalam. Maka disinilah teknik jigging dengan umpan metal jig mampu menjangkau ke dasar karang dan menipu ikan-ikan yang berada di atas karang maupun di dasar laut.Begitu juga pada saat malam hari biasanya kita menggunakan lampu untuk mengumpulkan ikan-ikan kecil dan cumi-cumi, action metal jig akan terlihat seperti ikan kecil yang berenang mendatangi lampu.

Warna metal jig sangat mempengaruhi strike ikan target anda, perbedaan warna memiliki efek berbeda pada saat di dalam air laut berdasarkan cahaya matahari menembus air. Cuaca juga mementukan dalam pemilihan warna metal jig. seperti saat hujan,cerah, mendung.Pada saat siang dan malam hari pun warna metal jig harus di sesuaikan. 


Beberapa Bentuk Dari Metal Jig


1. Center Wighted
 
Jig jenis ini memiliki lebar di tengah (center balance), memiliki action yang cukup bagus saat di turunkan akan membuat gerakaan menyamping, sangat efektif untuk meniipu ikan dan tidak memerlukan retrive khusus, bisa dengan teknik slow jerking atau long jerking, atau dengan beberapa varian retrive, semakin banyak variasi makakesempatan untuk mendapatkan strike semakin besar. 

Metal jig berat di tengah dengan model panjang 

Metal jig dengan berat di tengah model pendek 

Untuk kedalaman di bawah 50 meter, sebaiknya gunakan metal jig dengan berat di tengah model pendek, karena jig model pendek akan lama turun ke dasar karang dan actionnya seperti ikan mabuk yang akan tenggelam ke dasar karang. Sedangkan dengan metel jig berat di tengah model panjang lebih cocok di gunakan pada kedalaman 50-100 meter, karena akan lebih cepat turun ke dasar. 


2. Tail Weighted 

Meral jig jenis ini memiliki berat di bagian bawah atau di bagian ekor, jig jenis ini lebih cocok di gunakan pada saat arus kencang dengan kedalaman 50 meter lebih. Cara memainkan jig ini bisa menggunakan teknik fast jerking,slow jerking atau long jerking, dan bisa di variasi kan dari ke tiga teknik tersebut. 

contoh metal jig dengan berat di bawah (ekor) 

Dalam proses perkembangannya, saat ini telah banyak beredar berbagai model metal jig dengan berbagai macam bentuk dan warna-warna yang menarik. 

Itulah beberapa bentuk metal jig dan action dari metal jig tersebut, namun saat ini telah banyak perusahaan pancing berlomba-lomba untuk menciptakan model-model terbaru dari metal jig. 



sumber: mediapancing.com 

No comments:

Post a Comment