Sunday, June 21, 2020

5 MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM IKAN MAS

Ikan mas adalah salah satu ikan konsumsi yang banyak di jual di pasaran, selain memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak di minati oleh para pemancing Indonesia, ternyata ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

sumber: google

Dalam 100 gram daging ikan mas mengandung energi 87 kkal, lemak 2,08 gram yang terdiri dari lemak jenuh 0,489gram, lemak tak jenuh ganda 0,771gram, lemak tak jenuh tunggal 0,423gram, dan protein 16,01gram. 

Menjadi ikan yang cukup ramah bagi para ibu rumah tangga, tak heran jika banyak yang memilih ikan mas sebagai salah satu bahan panganan yang bernilai ekonomis, namun tetap lezat. Dibalik cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui manfaat yang terkandung didalamnya?

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja manfaatnya, yuk simak apa aja manfaatnya;

1. Mendukung Pertumbuhan 

Seperti halnya ikan jenis lain, ternyata ikan mas memiliki kandungan omega-3 yang cukup kaya sehingga sangat bermanfaat tidak hanya untuk kecerdasan otak melainkan juga untuk mendukung pertumbuhan dan merangsang sel-sel untuk berkembang secara lebih cepat. Manfaat ini tentu saja dapat kita peroleh dengan cara mengonsumsi ikan mas dengan rutin.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Memang rasanya tidak salah apabila banyak orang mengatakan untuk seringlah mengonsumsi ikan apabila kita ingin memiliki kemampuan kognitif yang mempuni. Minyak ikan maupun ikan mas mempunyai kandungan DHA yang memiliki rantai panjang pada kandungan omega-3 sehingga mampu merangsang kemampuan otak dan meningkatkan daya ingat.

3. Mengontrol kesehatan Jantung 

Kandungan omega-3 ternyata tidak hanya bermanfaat dalam pertumbuhan dan kemampuan kognitif, tetapi juga sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan omega-3 pada ikan mas mampu mengontrol detak jantung agar normal. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.


4. Cocok Untuk Diet

Ikan mas sangat cocok  dikonsumsi oleh anda yang dalam proses diet. Tentunya ikan jenis ini memiliki komponen yang dapat menekan jumlah lemak jahat yang ada didalam tubuh, selain itu juga kandungan kalori didalamnya relatif rendah sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu untuk diet.

5 Mencegah Penuaan Dini 

Tidak hanya dalam aspek kesehatan dalam tubuh, ternyata ikan mas memiliki manfaat luar biasa untuk aspek kecantikan. Hal menakjubkan bagi kalian yang ingin tampil cantik dan awet muda, kini dapat diperoleh secara mudah melalui konsumsi ikan mas. Kandungan minyak ikan didalamnya mampu mencegah penuaan dini.

No comments:

Post a Comment