Friday, May 8, 2020

UMPAN JITU MANCING PINGGIR LAUT




Melakukan hobi sambil berolahraga dan mendapatkan hasil dari hobi tersebut memang bisa anda harapkan ketika berkegiatan memancing.


Apalagi jika lokasi yang anda tuju adalah pinggir laut atau di pantai,di atas karang maupun di dermaga. Memancing di tempat-tempat tersebut membutuhkan keahlian khusus, seperti menarik ulur senar dengan menggunakan reel atau juga melempar umpan berkali kali ke laut.


Semua hal tersebut membutuhkan tenaga yang lumayan, di tambah panasnya terik matahari, tapi tentunya sebanding dengan hasil yang di dapat.

Namun, selain keahlian yang cukup ketika ingin memancing di laut, hal lain yang perlu kita perhatikan adalah umpan yang akan kita pakai ketika ingin memancing di pinggir laut.

Kebanyakan mancing di laut di lakukan di pinggir laut seperti pantai,di atas dermaga, di atas batu karang (rockfishing) menggunakan teknik casting. Teknik casting memang telah banyak di cintai oleh para pemancing indonesia, Namun, banyak juga para pemancing menggunakan umpan alami ketika teknik casting tidak membuahkan hasil. 


Umpan Alami Mancing Pinggir laut

  • Kepiting.
     Kepiting biasanya digunakan di laut khusus bebatuan dan banyak karang. Ikan yang menjadi targetnya adalah semua jenis keluarg kerapu,kakap, dan ikan-ikan predtor penghuni karang lainnya. 

  • Cumi-cumi
    Cumi-cumi sebagai andalan untuk mancing di malam hari, untuk target ikan besar pasanglah cumi utuh 1 ekor, sebaiknya yang hidup.Jika tidak ada, cumi yag mati juga bisa, asalkan cumi tersebut masih segar

  • Udang hidup
    Untuk umpa udang, pilihlah ukurannya yang agak besar. Dalam kondisi masih hidup dan segar. JIka tidak ada udang yang hidup, udang mati juga bisa di gunkan, asalkan membeli udang tersebut sebaiknya pada nelayan setempat.

  • Cacing laut
    Cacing laut adalah jenis cacing yang hidup di laut.Banyak di temukan di ekosistem hutan nipah. Mengingat hutan nipah berada di pesisir laut. Bentuk cacing laut yang besar besar memungkin kan ikan mau meyambar umpan tersebut. Cacing laut memang susah di cari karena harus mencarinya sendiri.

  • Potongan daging ikan
    Potongan daging ikan memang sudah lazim di gunakan untuk mancing di pinggir laut (pantai)

  • Ikan hidup
    Memancing ikan dengan menggunakan ikan hidup memang sudah lazim.Masalahnya jika emancing di laut maka uman yang di gunakan haruslah ikan hidup yang berbadanbesar. Apalgi jika mau mancing ikan besar. Karena jika umpannya kecil, tidak akan menarik perhatian ikan besar.

  • Belut hidup/segar
    Untuk umpan menggunakan belut ini harus menggunakan belut yang berukuran kecil atau maksimal sebesar ibu jari agar mendapatkan strike ikan besar. Belut mempunyai kelebihan karna warna kuning dan hitam yang terang bisa mengundang ikan predator untuk melahapnya.Selain itu belut memiliki bau amis yang pekat.

  • Undur-undur laut
    Undur-undur merupakan umpan yang paling ampuh utuk memancing  pasiran. Hampir semua jenis ikan target akan menyantap umpan ini.Ada 3 jenis undur-undur, ketiga jenis ini sama killernya jika sedang berganti cangkang. 

Baca juga: Tipsmancingpasiran

                Tips dan cara mancing dikarang dangkal

No comments:

Post a Comment