Friday, May 1, 2020

TIPS MANCING IKAN NILA DI ALAM LIAR (WILDFISHING)



Siapa lagi yang tak kenal ikan ini, Ya ikan nila yang merupakan salah satu  ikan konsumsi yang paling banyak memiliki penggemar. bukan hanya di konsumsi, namun ikan ini sudah jadi favorit para angler, dikolam,sungai,waduk,dan di danau, penyebaran ikan in merata di seluruh tanah air kita ini,


ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar, ikan ini di introduksi dari afrika,tepatnya afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia karena pertumbuhannya yang sangat cepat,ikan ini menjadi hama di setiap sungai dan danau Indonesia. wikipedia

Jika di kolam, mendapatkan ikan nia adalah hal yang wajar, karena di kolam ikan nila sangat rakus memakan umpan.Namun,di habitat liar, ikan ini sangat susah untuk di pancing, apalagi untuk ikan nila yang berukuran jumbo, sudah pasti jarang memakan umpan anda.

Nah, kali ini tim tipsmancing akan memberikan tips untuk mancing ikan nila di alam bebas (wildfishing)

Baca juga: PENGARUH FASE BULAN TERHADAP IKAN



1. Lokasi

Memilih lokasi untuk habitat utama nila adalah hal terpenting dalam kesuksesan mancing ikan nila, ikan ini sangat suka di tempat yang gelap atau air yang keruh dan tempat masuknya air, adapun lokasi lain seperti ranting pohon yang terbenam air,tumbuhan air, dasar bebatuan, pohon tumbang, dasar lumpur atau pasir,

2. Lemparkan Bom Umpan Ke Titik Potensial

Setelah spot yang potensial di temukan hal ke 2 yang anda harus lakukan adalah dengan melempar umpn bom ke titik tersebut, cara ini berguna untuk memanggil dan menarik perhatian  rombongan ikan nila agar berkumpul di titik spot tersebut. Jenis bom umpan bermacam-macam, ada yang menggunakan pellet, dedak, bekatul, beras ketan, dan ada juga yang menggunakan tanah, di tempat saya, melempat tanah adalah salah satu cara yang efektif utuk memanggil ikan nila agar berkumpul, lemparkan umpan bom kira kira 3 genggam terlebih dahulu, kemudian secara bertahap taburkan 1 genggam keci untuk menjaga ikan tetap berkumpul di spot tersebut.

3. Umpan Ikan Nila

Ikan nila adalah pemakan segala (omnivora) ikan ini memakan semua jenis umpan baik dari cacing,pellet,lumut daun tallas hingga serangga-serangga kecil.Namun umpan yang paling potensial untuk ikan nila adalah lumut. lumut yang dapat di gunakan adalah lumut yang berwarna hijau, lumut dapat di temukan di genangan air, sawah, permukaan danau, di sungai dan banyak di tempat lainyya, saat ini telah banyak lumut di budidayakan dan di perjualbelikan. jika anda malas mencari lumut, anda juga bia membelinya di tempat pakan lumut atau di toko peralatan pancig.

Di tempat saya, Danau Maninjau Sumatera Barat, saya menggunakan 2 jenis umpan, yaitu lumut dan pellet, kegunaan menggunakn pellet adalah untuk menarik perhatian ikan agar berkumpul di titik umpan, biasanya, pellet lebih sering di makan dari pada lumut, sizenya juga beragam ada yang kecil sampai yang ukuran monster, dan lumut berfungsi untuk target ikan babon, ketika ikan nila kecil memakan pellet, di situlah ikan nila babon memakan umpan lumut kita dan itu sering terjadi ketika saya memancing,


kesruan memancing di danau Maninjau


4. Piranti Yang Digunakan

Untuk piranti ikannila, anda cukup menggunakan piranti ringan, dengan joran antena panjang minimal 240cm  dan reel berukuran max 2000 anda akan merasakan keseruan tarikan ikan nila. Gunakan lah senar ukuran paling kecil 0.18 keatas, ukuran mata pancing dn seri jug harus i pertimbangkan dalam kiat mancing ikan nila,menurut saya, gunakanlah ukuran mata pancing mulai dari ukuran 7-10, dengan mata kail merk CARBON, dengan menggunakan 2 mata kail. 

Dari semua tips di atas, nda sudah bisa untuk mulai mancing ikan nila, kunci utama dari mancing nila di alam bebas seperti danau,waduk dan sungai (wildfishing) adalah dengan kesabaran yang tinggi. Saat saya mancing nila, saya seing menjumpai para pemancing yang sering berpindah tempat karena gelisah umpannya tak kunjung di makan ikan sambil melirik saya sering mendaratkan nila babon. tindakan berpindah tempat juga bisa efektif untuk mencari lokasi yang tepat dimana berkumpulnya ikan nila, Namun jika terlalu sering berpindah tempat, akan sangat sulit mendapatkan strike.

Baca juga: TIPS MENGETAHUI KEBERADAAN IKAN MAS 

Jika ikan juga tak kunjung makan, langkah yang perlu di lakukan adalah dengan mengganti umpan, jika menggunakan 2 joran, anda bisa menggunakan 2 macam umpan yang brbeda, misalkan dengan menggunakan pellet dan lumut. 

Ada pula teknik memancing ikan nila yang lain, saat ini telah banyak di gunakan para angler Indonesia, yaitu dengan memancing di lubang atau di sarang ikan nila, hal ini bisa anda tanykan pada nelayan setempat atau pada penembak ikan, memancing di sarangikan ini sangat efektif, dengan menaruh upan tepat di tengah lubang ikan nila, akan langsung di sambar, eits bukan di makan ya, namun ikan ini akan memindahkan umpan tersebut keluar dari sarangnya dengan menggunakan mulutnya, ketika umpan di pindahkan, langsung sentak joran anda  dan strike!!.

sketsa lubang ikan nila



No comments:

Post a Comment