Sunday, May 17, 2020

TIPS BUDIDAYA LUMUT




Lumut merupakan jenis tanaman yang paling sering sekali kita jumpai pada tempat yang lembab dan paling sering terkena air. Lumut banyak hidup pada sebuah lingkungan yang banyak air yang ada di permukaan bumi. Lumut ini dapat hidup di paparan sinar matahari yang cukup.

Meski demikian saat ini mencari lumut tidaklah mudah, karena sudah banyak di cari oleh para pemancing untuk di jadikan umpan. 

Lumut sebagai umpan mancing yang ampuh untuk beberapa jenis ikan seperti ikan nila, wader, tawes, belanak dan masih banyak lagi. 

Tentu sangat di cari pemancing sebagai umpan mancing, akan tetapi terkadang keberadaannya sulit di cari. Kalaupun ada lumut tidak awet dan akan mati tidak bisa di simpan untuk di lain hari.

Mempunyai cadangan lumut untuk memancing di lain hari adalah keinginan para pemancing, tentunya bisa dengan menyimpannya dengan awet agar tidak cepat mati, atau bahkan puya tempat sendiri untuk membudidayakannya. 


Dilansir tipsmancing.com dari covesia.com, dalam membudidayakan lumut ini ada dua macam yaitu:

Pertama, cara terbuka. Untuk menanam lumut di tempat terbuka dan juga ekstensif bisa dilakukan seperti di perairan tawar, sebuah kolam atau kanal, dan juga sawah. 

Kemudian kedua dengan cara tertutup. Cara tertutup ini biasanya dilakukan pada naungan kolam, kanal atau bak yang menggunakan plastik atau mengatur pada suplai nutrisi.


Media Yang Digunakan Dalam Budidaya Lumut.

Untuk teknik dalam budidaya lumut itu sendiri tidak membutuhkan banyak media dan bahan. Dalam budidaya lumut sangat simple, bagi anda yag ingin mencoba tapi tidak tahu caranya, tipsmancing akan memberikan tipsnya dan sangat mudah untuk di coba.

Dalam hal membudidayakan lumut, ada beberapa hal yang anda siapkan adalah tempat menanam. Anda bisa menggunakan pot dan juga moss. Selain itu siapkan juga pasir vulanik dan campuran tanah, pupuk juga humus. Supaya mendapatkan hasil pasir yang baik sediakan juga ayakan pasir. Sediakan kuas dengan ukuran sedang dan juga media lumut sebagai media utama.


Cara Menanam Lumut

Hal pertama yang anda dapat sediakan pot yang telah di beri moss di bagian bawah pot. Pada bagian atas moss ini taburkan lapisan pasir vulkanik dengan merata. Pastikan semua bagian pot terjangkau.Lalu pada bagian atasnya lapisi dengan campuran tanah  yang sudah di haluskan dengan menggunakan ayakan pasir. 

Kemudian siram media tersebut dan gunakan sprayer untuk melekatkan lumut. Tanamkan lumut yang telah tersedia pada bagian kontur yang telah anda buat sebelumnya setelah memberi tanah. Berikan pasir pada bagian potongan lumut, gunakan kuas untuk mencocokkan asir yang telah di tabur agar dapat di isi rogga pada bagian antar potongan lumut. Selanjutnya, semprot dengan menggunakan sprayer pada lumut yang baru di tanam. Letakkan pada tempat yang lembab.

Cara Pemeliharaan Lumut

Pemeliharaan lumut sangatlah mudah. Bersihkan kotoran dan lumpur yang ada pada lumut kemudian peras lumut sampai kering lalu urai tumbuh lumut menjadi bagian-bagian kecil, selanjutnya bungkus dengan menggunakan koran atau kertas untuk pelembab. Setelah itu anda bisa membawa lumut secara berkala.


Demikian pembahasan tentang tips membudidayaan lumut, semoga bermanfaat
jika ada pertanyan silhan tinggalkan di kolom komentar. 

No comments:

Post a Comment