Monday, May 4, 2020

TIPS AMPUH MANCING IKAN GABUS



Ikan gabus ini adalah ikan predator yang rakus apalagi ketika ikan gabus ini menyambar umpan. kegalakan dari ikan ini saat menyambar umpan. Adrenaline dalam memancing ikan gabus ini menjadi keasyikan tersendiri bagi para pemancing

Tarikan ikan ini sangat kuat, jadi membutuhkan tenaga extra dan teknik memancing yang benar untuk bisa menaklukkan ikan ini. Ikan gabus merupakan salah satu predator snakehead yang hidup di perairan tawar, seprti di sungai,parit,danau,rawa-rawa dan bahkan ikan ini ada juga yang hidup di sawah.

Ikan ini dapat beradptsi dengan berbagai lingkunga, sehingga kita bisa dengan mudah menemukannya. Ikan gabus dapat bergerak di darat sehingga dapat berpindah ke tempat yang lebih banyak makanan. Di alam liar ikan ini dapat tumbuh hingga panjang 1 meter.

Ikan gabus masuk kedalam keluarga snake head atau ikan berkepala ular.walaupun tampangnya menakutkan, tapi ikan ini memiliki cita rasayang gurih,lezat serta kaya akan protein, Ikan ini memiliki kandungan yang dapat mempercepat pemulihan luka luar seperti siap operasi, wanita melahirkan, dan masih banyak lagi. Dan ikan ini di jual dengan harga yang cukup mahal di rumah sakit.

Ikan gabus liar berwarna hitam dari kepala sampai ekor, sementara di bagian perut berwarna putih kekuningan, di dalam air yang keruh, ikan ini dapat berkamuflase sehingga sulit untuk diihat secara langsung. dengan mulut yang lebar  dapat memangsa berbagai jenis serangga dan ikan-ikan kecil. Waktu yang ideal untuk mancing ikan ini adalah pada waktu pagi dan sore hari. jika di daerah saya, para pemancing ikan gabus menggunakan teknik tahanan, teknik ini bisa di bilang ampuh untuk memancing ikan gabus, mulai dari meletakkan umpan di sore hari, dan ketika pagi esok nya barulah peancing tersebut mengambil pancingan yang telah di beri umpan. Dan hasilnyapun cukup lumayan, kira-kira pemancing tersebut mendapatkan ikan gabus kurang lebih 50 ekor.

Di masa sekarang, telah banyak para pemancing khususnya para castinger memancing ikan gabus dengan teknik casting, untuk teknik ini, di butuhkan kesabaran dan ketenangan yang tinggi, karena ikan gabus sangat sensitifdengan lingkungan sekitar, sehingga ketika ikan ini merasa terusik dan kaget, dia akan berpindah ketempat lain yang lebih aman.

Gunakan lah piranti yang sesuai dengan ikan target, pilihah piranti yang kokoh, untuk mancing ikan gabus, pilihah leader dengan ukuran 20-40 lbs, panjangnya kira-kira 2meter. Untuk senar PE, pilih lah senar PE jenis braided mulai dari ukuran PE1-PE3.


BEBERAPA TEKNIK MACING IKAN GABUS

1. TEKNIK TAHANAN

Memancing ikan gabus dengan teknik tahanan ini telah di lakukan sejak jaman dahulu. Mancing dengan teknik ini hanya menggunakan joran yang terbuat dari bambu lalu di ikatkan dengan seutas tali atau senar mono yang hanya menggunakan umpan alami seperti kodok, ikan-ikan kecil, dan serangga.

Teknik ini banyak di lakukan di daerah parit-parit kecil, persawahan, dan rawa-rawa yang banyak di tumbuhi tanaman air seperti eceng gondok,teratai, rumput air dll.

cara memancing ikan ini hanya dengan menancapkan joran bambu tersebut ke tanah dekat pinggiran air, lalu di tinggaalkan semalaman dan akan di cek pada saat pagi hari.



2. TEKNIK CASTING

Teknik casting adalah teknik mancing yang hanya menggunakan umpan palsu dengan cara melempar umpan ke spot potensial kemudian di tarik secara perlahan atau di retrive perlahan lahan sehingga umpan palsu tersebut bergerak gerak seperti hal nya ikan atau umpan hidup sungguhan yang sedang lari ketakutan sehingga menarik perhatian ikan predator dan ingin memakan umpan tersebut.
Umpan tiruan yang di gunakan untuk casting gabus adalah

  • Soft Froggie
  • Hard Froggie
  • Minnow
  • Spoon
  • Mini Popper
  • Pencil
  • Stikbait
  • SPinnner
  • dll

CARA MANCING IKAN GABUS

  • CARA MANCING IKAN GABUS DI SAWAH DAN RAWA-RAWA
Spot sawah dan rawa-rawa mempunyai kemiripan lkasi, dan juga memiliki rintangan atau hambatn yang ada pada spot tersebut, seperti tanaman air, eceng gondok, kayu,rumput liar dll. trik yang dilakukan di sawah atau di rawa adalah lakukan lempran akurat agar tidak meleset pada titik sasaran,.jadi harus mengandalkan insting dan pengalaman. Selait akurasi lemparan, anda harus tau trik casting yang tepat, membuat umpan palsu tersebut bergerak gerak seperti halnya hewan aslinya.
  • CARA MANCING IKAN GABUS DI DANAU
Beda halnya dengan di danau, jika di sawah atau rawa memiliki rintangan,di danau sepertinya mempunyai sedikit rintangan.Jadi anda bia dengan leluasa melempar umpan hingga ketengah danau. 
Ikan gabus juga suka berada di tepi danau, karena di tepi danau memiliki banyak makanan untuk ikan ini. Jadi anda bisa mengatur posisi kedalaman pancingan. Yaitu sedang atau setengah kedalaman danau. jangan di posisikan di dasar karena ikan gabus biasanya berada di dekat permukaan dan setengan permukaan air.

Untuk teknik casting, anda bisa melemparumpan sejauh mungkin dan menarik secara perlahan, sbaiknya, gunakan perahu karena ikan ini sering berada di pinggir danau.

  • CARA MANCING IKAN GABUS DI MALAM HARI
Untuk memancing gabus di malam hari sangat potensial,karena ikan gabus berkeliaran mencari makan pada malam hari. Memancing gabus pada malam hari cukup dengan menggunakan umpan hidup seperti katak,serangga, cacing, ikan-ikan kecil dll, gunakan teknik pelampung atau teknik tahanan. 

  

No comments:

Post a Comment