Friday, May 29, 2020

PENENTUAN WARNA PADA METAL JIG PADA KEDALAMAN AIR

penentuan warna pada metal jig





Metal jig adalah sebuah umpan tiruan yang terbuat dari timah dan menyerupai ikan-ikan kecil atau cumi-cumi dengan beragam warna mulai dari warna silver,merah,biru, dan masih banyak varian dari warna metal jig ini.

Teknik jigging saat ini telah banyak di sukai oleh para pemancing nusantara, sifat dari jig ini adalah tipe umpan mainan yang terbenam langsung ke dasar. 

Cara memainkan metal jig ini terbilang cukup mudah, kita tinggal menarik-narik jig dengan ber irama sambil menggulung reel secara perlahan sampai kira-kira 10 meter, lalu turunkan lagi ke dasar dan di tarik lagi.Lakukan secara berulang sampai mendapatkan strike. 

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai warna dan pengaruhnya terhadap kedalaman dan jenis ikan target, hanya  beberapa teori dari hasil penelitian yang berhasil mendeteksi warna dari berbagai tingkat kedalaman.

ikan sebenarnya tidak bisa membedakan warna, namun ada juga yang mengatakan bahwa ikan tidak bisa membedakan warna secara specifik, hanya saja bisa membedakan warna tersebut kontras atau tidak pada saat kita mancing. 

Teori Warna Menurut Tingkat Kedalaman 

Tingkat warna dapat di ukur dari kemampuan warna tersebut yang mampu memantulkan cahaya matahari secara maksimal, 

Warna Merah dapat memantulkan cahaya di dalam air dengan kedalaman maksimal 30 feet 

Warna Orange dapat memantulkan cahaya di dalam air dengan kedalaman maksimal -45 feet 

Warna Kuning  dapat memantulkan cahaya di dalam air dengan kedalaman maksimal -60 feet 

Warna Hijau untuk kedalaman maksimal 80 feet 

Warna Biru untuk kedalaman maksimal -80 feet 

Warna Ungu untuk kedalaman maksimal -120 feet 

Warna Chrome atau Silver untuk kedalaman maksimal 120 feet lebih 

Warna GID atau Glow In the Dark untuk kedalaman 120 feet lebih terutama pada malam hari atau dasar air yang tidak mampu di tembus sinar matahari.

Bagi yang mengikuti teori ini silahkan tentukan warna jig menurut kedalaman air, karena jigging sendiri lebih efektif pada kedalaman 40 meter lebih. 

Selain dari pemilihan warna metal jig,kondisi arus dan dan kejernihan air juga sangat mempengaruhi umpan metal jig yang akan kita mainkan pada saat kondisi air keruh gunakan metal jig yang berwarna terang dan jika air jernih, gunakan metal jig yang berwarna agak gelap ( warna tua). 

Sekian artikel tentang Penentuan Warna Metal Jig Pada Kedalaman Air, semoga bermanfaat. 



Sumber: Mediapancing.com

No comments:

Post a Comment