Wednesday, May 20, 2020

NILAI GIZI IKAN NILA


Ikan nila adalah ikan konsumsi air tawar yang banyak di gemari masyarakat di berbagai negara. ikan ini diintroduksi dari afrika,tepatnya afrika bagian timur pada tahun 1969,dan kini menjadi ikan peliharaan populer di kolam kolam air tawar di Indonesia, sekaligus penyebarannya telah meluas di perairan tawar Indonesia. 

Nama ilmiah ikan ini adalah Oreochromis niloticus. dan dalam bahasa inggris dikenal sebagai Nile tilapia. 
Ikan nila adalah ikan pemakan segala(omnivora) seperti plankton,serangga kecil,sampai pemakan tumbuhan-tumbuhan air, sehingga ikan ini di perkirakan dapat di manfaatkan sebagai pengendali gulma air. 

Selain rasa dagingnya yang lezat dan gurih, ternyata ikan nila juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Dalam 100gr daging ikan nila, terkandung sekitar 26gr protein dan hanya 128 kalori. 
selain itu, ikan ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral baik untuk tubuh. Sebab, ikan nila kaya akan niacin,vitamin B12, Fosfor, Selenium, dan Kalium. 
Berikut kadar lengkap yang terkandung dalam 100gr daging ikan nila: 

  • Kalori 128
  • karbohidrat 0 gr
  • Protein: 26gr
  • Lemak: 3gr
  • Vitamin B3: 24% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin B12: 31% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Fosfor: 20% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Selenium: 78% dari rekomendasi konsumsi harian 
  • Kalium: 20% dari rekomendasi konsumsi harian 

Manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh: 

Mengandung Asam Lemak Yang Baik Bagi Tubuh 
Kandungan asam lemak yang ada pada ikan nila jumlah nya ternyata lebih tinggi jika di bandingkan dengan daging ayam ataupun daging sapi, ikan nila juga mengandung omega 6 yang tidak dapat di produksi secara alami di tubuh

Asam lemak akan membantu tubuh untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu,komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespon hormon insulin. Hal ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap para penderita diabetes.



Sumber Protein 
Kandungan protein yang tinggi pada ikan nila mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama.Selain itu, protein juga berperan dalam berbagai fungsi penting bagi tubuh. Diantaranya dapat menyembuhkan jaringan yang rusak, berperan dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.



Baik Untuk Tulang 
Ikan nila mengandung kalsium yang baik utnuk anak-anak. Kalsium berguna untuk kesehatan tulang dan untuk pertumbuhan pada anak-anak, Kalsium juga penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk otot jantung.



Baik Untuk Yang Sedang Diet 
Tinggi kandungan protein, namun rendah lemak dan kalori.Rumus makanan sehat untuk menurunkan berat badan, hal ini cocok untuk anda yang sedang diet.



Mencegah Penuaan Dini 
Selenium adalah salah satu jenis anti oksidan, yang di percaya dapat menstimulasi vitamin E dan C, dua vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

Sebagai anti oksidan, Selenium dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas berlebih. Sehingga, tanda-tanda penuaan dini, wajah keriput, kendur,dan bercak-bercak hitam di wajah juga dapat di cegah.


Menyehatkan Otak
Asam lemak yang terkandung pada ikan nila mampu meningkatkan fungsi otak serat saraf, Selain itu, kalium yang terkandung pada ikan nila pun dapat meningkatkan proses oksigen ke otak yang penting untuk menjaga fungsi otak. 

Bagus untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Tubuh 

Tingginya protein hewani yang terkandung dalam ikan nila, membuatnya bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan untuk tubuh, 
Protein merupakan komponen yang sangat di butuhkan dalam perkembangan organ,membran,sel dan otot.

Membantu Mencegah Kanker

Selenium menambah manfaat ikan nila untuk kesehatan, sebagai anti oksidan, komponen ini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang bisa memicu kanker. Meski begitu, masih di butuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat yang satu ini. 


Itulah manfaat ikan kanker bagi kesehatan tubuh manusia yang telah di kutip oleh www.sehatq.com. 
semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment