Tuesday, May 5, 2020

MANFAAT IKAN GABUS YANG BELUM ANDA KETAHUI

suara.com




Ikan gabus merupakan ikan konsumsi yang memiliki cita rasa yang tak kalah dari ikan lain, selain kalah populer dengan ikan nila ataupun ikan mas, namun ikan gabus atau channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi.


Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5% lebih tinggi jika dibanding kan dengan ikan bandeng yaitu 20.0% ikan mas 16.0%, ikan kakap 20.0% atau ikan sarden sebesar 21.1%. 


Ikan gabus yang mempunyai nama latin CHanna striata di kenal sebagai jenis ikan yang banyak di temukan di perairan Indonesia. Meski tergolong ikan jenis lokal,ternyata kandungan gizi ikan gabus sangat tinggi lho.
Bahkan menurut DR.Taufik Jamaan Sp.OG dari RSIA Bunda, ikan gabus memiliki kandungan mineral dan mikronutrien yang lebih besar dari ikan salmon.


Ikan gabus mengandung protein albumin ,asam lemak omega 3 yang sangat di butuhkan bagi ibu hamil. Kandungan albumin pada ikan gabus di banding kan dengan sumber albumin lain yakni sebesar 62.24  gram/kg. sedangkan kandungan albumin ikan lain hanya sekitar 10gram/kg.

Albumin sendiri memang di butuhkan bagi ibu hamil untuk mengangkut nutrisi dan memperbaiki kerusakan pada jaringan sel di dalam tubuh. Kecukupan nutrisi ini dalam tubuh pada gilirannya berperan dalam menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Berikut manfaat mengkonsumsi ikan gabus yang telah di luncurkan untuk anda mengutip tips mancing dari laman covesia.com

  • Pembentukn Dan Pertumbuhan Otot
Ikan gabus memiliki protein yang lebih tinggi dari pada protein yang tersedia pada ikan lele,nila, maupun ikan mas. Dari 100gram ikan gabus anda dapat memperole 25,2 gram protein.Lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam yang hanya 18.2 gram, daging sapi 18.8 gram dan telur yang hanya 12.8 gram per100 gram.
Kandungan protein yang tinggi akan mengunutngkan anda dalam membantu proses pembentukan tubuh anda.

  • Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
Ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi, yaitu 62.24 gram/kg, Albumin juga berfungsi untuk enjaga keseimangan cairan dalam tubuh jika cairan berkurang, maka protein yang masuk kedalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat di gunakan secara normal.Kandungan albumin normal dalam tubuh mencapai 60%.

  • Memperbaiki Gizi Buruk
Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak di habiskan oleh bayi,anak-anak, ibu hamil.Dalam 100gram gabus saja, sudah sangat memadai memenuhi kebuthan nutrisi yang sangat penting untuk kesehaan terutama pada bayi.

  • Sehat Untuk Pencernaan
Ikan gabus memiliki struktur daging yang lebih empuk, sehingga anda tidak perlu khawatir. Karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dari pada kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Berdasarkan penelitian, asam amino pada gabus meningkatkan produksi kolagen yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit. Dibantu dengan kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka khususnya untuk yang sudah operasi.


Mengkonsumsi ikan gabus secara rutin juga dapat memberikan efek anti nyeri.Antenaosiseptif. efek ini mampu meredakan rasa sakit yang terjadi akibat luka. Tidak hanya sebatas itu, obat antinyeri yang di kombinasikan dengan mengkonsumsi ikan gabus juga memberikan efek yang lebih maksimal. Studi mengatakan bahwa pemberiak ekstrak ikan dapat memulihkan intenstas yang di peroleh pasien setelah operasi.



sumber: covesia.com
             suara.com


No comments:

Post a Comment