Thursday, May 21, 2020

CARA MEMBUAT ESSEN PANDAN SENDIRI






Essen adalah pelengkap umpan untuk memancing agar ikan lebih tergiur untuk menyambar umpan. Dan semua essen memiliki aroma lebih menyengat dari umpan tersebut.

Karena semua ikan lebih dominan dengan aroma dan lebih menggunakan indra penciumannya pada saat mencari makan.

Essen bisa di gunakan untuk memancing semua jenis ikan, khususnya di perairan tawar, Dan saat ini telah banyak essen di jual di toko pancing baik secara online maupun di toko pakan ikan. 

Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba membuat essen sendiri dan tentunya dari bahan-bahan alami yang lebih murah dan ramah lingkungan. Dan tentunya essen dari bahan alami lebih ampuh dari pada buatan pabrik. 

Essen alami mempunyai bau dan aroma yang pas dan tidak terlalu menyengat. Tidak seperti essen pabrik yang memiliki aroma yang sangat menyengat. 

Kali ini tipmancing.com akan membahas soal cara membuat essen pandan, dan bisa anda coba membuatnya di rumah. 

Daun pandan merupakan daun yang mempunyai bau yang sangat wangi. Oleh karena itu daun panda sangat cocok di gunakan untuk pembuatan essen, khususnya untuk essen ikan nila seperti lumut. 

Daun pandan sering di gunakan sebagai campuran untuk pembuatan umpan seperti campuran untuk lumut, dan memancing ikan mas seperti umpan putih yang sangat terkenal itu. Dan di ketahui cukup ampuh untuk menaklukkan ikan mas. 

Cara Membuat Essen Aroma Daun Pandan 

  • Pengambilan sari pandan 
Sari pandan bisa anda dapatkan dengan cara merebus daun pandan dalam air. Setelah itu peras dan ambil sarinya untuk di pakai sebagai ekstrak essen pandan pada umpan ikan yang akan di gunakan. 
Selain merebus daun pandan, anda juga bisa mengambil sari daun pandan secara langsung dengan memotong kecil-kecil dan memeras daun pandan tersebut.

Penggunaan langsung juga cocok di gunakan pada pembuatan umpan putih untuk ikan mas, hanya dengan memasukkan dua lembar daun pandan kemudian mengukusnya secara bersamaan dengan umpan puutih. 

  • Cara membuat 
1. Ambil beberapa lembar daun pandan, cuci dan bersihkan sehingga tidak ada kotoran yang menempel pada daun pandan 

2. Tumbuk daun pandan dan blender daun pandan tersebut sampai benar-benar halus. 

3. Setelah daun pandan sudah di blender, saring terlebih dahulu daun pandan tersebut. Yang di ambil hanya airnya saja. 

4. Essen siap di gunakan untuk di campurkan dengan lumut. 

Nah itulah tips untuk membuat essen pandan yang telah di rangkum oleh tipsmancing.com, caranya mudah dan gak ribet, bisa langsung anda coba membuatnya di rumah. 
Semoga bermanfaat... 
jika ada pertanyaan bisa anda tinggalkan di kolom komentar. 



No comments:

Post a Comment