Saturday, May 2, 2020

CARA MANCING IKAN NILA YANG SUSAH MAKAN DI ALAM LIAR


GRESIK.CO




Ikan nila adalah salah satu ikan konsumsi terbesar di Indonesia, tidak heran, ikan ini menjadi primadona di mata para angler.Ikan nila hidup di seluruh penjuru perairan tawar indonesia, mulai dari sungai,rawa,danau dan sekarang telah banyak di budidayakan di kolam untuk di perjual belikan 

Karakter ikan nila adalah rakus pemakan segala (omnivora) dan perkembangan nya pun sangat cepat, selain itu fisiknya cukup kuat di dalam air yang keruh. Ikan nila dapat tumbuh hingga lebih dari 5 kg.

Tidak sedikit para pemancing yang memburu ikan ini. seluruh pemancing Nusantara mugkin sudah pernah merasakan sensasi dri ikan ini.Selain kelezatan daging ikan ini, tatikannya juga lumayan seru. Uumpan yang digunakan umumnya lumut,cacing,jankrik,orong-orong dan pellet.


Baca juga: tips sukses mancing ikannila di alam bebas 

Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Ikan nila liar selalu hidup berkelompok, baik ketika berenang ke pinggiran maupun berenang di daerah kedalaman,namun biasanya ikan nila akan ke pinggiran jika mau makan.

Jika memancing di daerah pinggiran tidak berhasil.Bisa di pastikan bahwa semua ikan sudah kembali ke daerah kedalaman, Memancing ikan nila sebetulnya akan cepat ketika sudah musim hujan. karena ketika sedang musim hujan, kandungan oksigen d dalam air terus meningkat, pada saat ini semua jenis ikan tawar gampang lapar.

Selain mudah lapar, ikan nila juga mempunyai kebiasaan untuk berenang ke tepian mengikuti volume air yang semakin meningkat. oleh sebab itu, memancing di bawah jtuhnya air hujan yang deras akan semain memudahkan bagi para pemancing.

Membuat kndisi air menjadi sedikit keruh akan sangat membantu agar ikan cepat makan umpa anda, kaena ketika anda mengaduk aduk bagian dasar air, biasanya ikan nila akan sangat cepat berkumpul di tempat keruh itu, ketika lumpur di dasar air naik, banyak zat-zat yang terkndung dalam lumpur keluar danakan menjadi makanan ikan nila.

jika air sudah mulai keruh, gunakan lah cacing yang mempunyai aroma menyengat seperti cacing yang hidup di pohon pisang yang sudah membusuk.selain itu anda juga bisa menggunakan umpan lumut, mau di campur dengan resep anda sendiri atau lumut alami itu tergantung keyakinan anda. 

Gunakanlah pelampung dan pemberat yang kecil, agar ikan nila tidak terkejut dan kabur pada saat anda melempar umpan, dan sebaiknya gunakan mata kail 2, jika tidak kunjung dimakan, teknik selanjutnya adalah dengan melempar umpan melewati kerumunan ikan target, tunggu sampai umpan sampai di dasar air, lalu tariklah secara perlahan sampai pada titik kerumunan ikan target. Cacing atau lumut yang di tarik secara perlahan, akan membuat umpan tersebut bergoyang -goyang sehingga ikan target tertarik untuk menyambar umpan.

Itulah beberapa tips mancing ikan nila mogok makan  paling ampuh yang kami berikan, tips ini berdasarkan pengaaman kami sendiri dalam menghadapi ikan nila yang susah makan
Semoga bermanfaat dan jika  ada yang bertanya, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.


No comments:

Post a Comment