Wednesday, May 13, 2020

3 METODE MANCING BARRAMUNDI


arenafish.blogspot.com


Para angler mungkin sudah tau dengan ikan Baramundi ini, predator yang satu ini tatikannya sangat luar biasa, mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para pemancing yang pernah mendapatkan ikan ini. 

Ikan barramundi atau kakap putih merupakan ikan pancing yang paling banyak di cari di perairan tawar maupun di air asin. dengan bentuk yang memanjang dan berukuran besar ikan ini menjadi primadona di air payau. 

Syarat pertama dalam memancing ikan ini adalah kita harus mengetahui sarangnya. Habitat ikan baramundi ini banyk di jumpai hidup di pesisir pantai dengan kedalaman 1-10 meter dan di muara sungai. Bahkan ikan ini mampu masuk kesungai sampai beberapa kilometer jauh nya, selama salinitas airmasih terasa asin mendekati tawar. 




Faktor lain yang harus di perhatikan adalah mengetahui pasang surut air laut karena ikan Baramudi adalah ikan pasang surut dimanaaktifitas makanannya galak saat air mau pasang atau terjadi surut dengan arus sedang. 

Kemudian perhatikan juga bulan, sebaiknya hindari mancing pada saat bulan terang baik siang maupun malam. karena pada saat bulan terang (full moon) Barramundi akan di sibukkan dengan musim kawin. waktu terbaik untuk mancing ikan baramundi adalah pada saat bulan gelap atau bulan baru.

3 Metode Mancing Barramundi Yang Ampuh


1. Ngelicir 

Pada teknik ini biasanya joran selalu aktifdi pegang sambil memainkan senarsecara perlahan. Teknik ini  lebih efektif bila memancing di are bebatuan atau rumpon atau patok bambu yang terjangkau joran.


2. Ngoncer

Teknik ini mudah dilakukan karena umpan tinggal di lempar saja dan joran diletakkan di pinggir muara atau laut kemudian tinggal menunggu si ikan terget memakan umpan. Cara ini juga sering di gunakan dengan joran selalu aktif di pegang dan senar di tarik ulur perlahan-lahan agar udang hidup selalu aktif berenang menyelam, sehingga ikan akan terangsang untuk memakan umpan. teknik ini bisa di lakukan rutin dengan maksud merasakan gerakan umpan hidup tersebut.


3. Teknik pelampung 

Teknik pelampung biasa dilakukan di area rumpon, di pinggir hutan bakau dan tempat-tempat air tenang yang bisa menjadi sarang si ikan barramundi. Sehingga joran harus di pegang dengan maksud agar cepat reflek mengangkat dan menyentakkan joran sat ikan memakan umpan. Teknik ini membutuhkan konsentrasi yang extra untuk melhat pergerakan pelampung saat ikan menyambar umpan tersebut. 


Itulah 3 teknik jitu mancing ian barramundi yang telah di kutip oleh mancingmania.com 
semoga bermanfaat.. 

No comments:

Post a Comment