Wednesday, May 6, 2020

10 JENIS IKAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN IBU HAMIL


haibunda.com


Ikan adalah makanan enak yang bergizi, banyak orang yang sangat suka mengkonsumsi ikan, jadi tak heran kalau ikan menjadi salah satu bahan makanan yang populer. 

Pada dasarnya, makanan laut menjadi submer protein yang sangat baik. Asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan juga bisa meningkat kan perkembangan otak dan mata janin di dalam kandungan.

Akan tetapi, ada beberapa ikan dan kerang yang mengandung kadar merkuri berbahaya. Terlalu banyak merkuri yang erkandung dalam ika bisa membahayakan sistem saraf bayi, di antaranya:

  • Ikan Kerapu



Meski ikan kerpu memiliki cita rasa yang nikmat, dan menjadi salah satu favorit konsumsi, namun ikan kerapu tetaplah menjadi ikan raksasa.

ukurannya yang besar menandakan bahwa ikan ini menyimpan banyak racun yang menumpuk di tubuhnya. Dan tida di anjurkan bagi wanita hamil.

  •  Lele Impor

Jenis ikan lele yang harus di hindari wanita hamil ialah lele impo. Ikan yag satu ini harus i hindari karena sudah terkontaminasi bakteri listeria.
Hingga saat ini tidak di ketahui tingkat kontamiasi dalam varietas tersebut. Selain itu, kadar kolesterol pada lele juga di nilai cukup tinggi. 

  • Swordfish 

Swordfish adalah predtor yang memakan ikan lain yang sudah terkontaminasi. ikan yang biasa di sebut ikan pedang ini memang sangat lah populer, namun ikan mengandung salah satu merkuri tingkat tinggi. Racun yang terkandung dalam tubuh ikan ini dapat dengan myudah melintasi plasenta. 

setelah melewati plasenta, racun tersebut juga berpotensi merusak sistem saraf anak di dalam kandungan.

  • King Makerel Spanyol
Ikan king mackerel yang mirip dengan ikan tnggiri ini adalah jenis ikan yang gemar menumpuk merkuri dan racun dalam tibuh. 

ikan yang satu ini seenarnya seperti tuna dan dapat tumbuh besar hingga panjang tiga kaki.
mereka hidup dekt pantai dan mudah terkontaminasi oleh racun yang ada di samudera dan atktifitas manusia. seakin besar ikan, maka semakin banyak pula merkuri yang terkumpul.

Beberapa pihak percaya bahwa ikan yang lebih kecil dan lebih muda (di bawah 10 pon) akan lebih aman untuk di konsumsi.

  • Tilefish
Tilefish adalah jenis ikan besar lainnya yang mengandung banyak racun. ikan yang memliki rasa seperti daging lobster ini memiliki kadar racun tinggi yang membuat banya orang haru menghidarinya. Terutaabagi wanita hamil aau menyusui, serta anak anak kecil.

  • Orange Roughy 

Ikan ini dapat hidup selama 150 tahun sehingga ada banyak waktu untuk mengumpulkan meruri dan racun lainnya di dalam daging ikan ini.

Orange roughy memiliki kadar asam omega-3 yang rendah seingga ikan ini menjadi pilihan buruk jika waniita hamil berfikir untuk mengkonsumsi ikan ini

  • Blue Fish 
Ikan blue fish dalah suber protein dan asam lemak omega 3 yang baik Namun, ikan yang satu ini terkontaminasi dengan pestisida, racun berbahaya dan merkuri.

Jenis ikan ini terkontaminasi oleh air tercemar yang meliputi bahan kiia pertanian, limbah industri dan obat obat farmasi yang mengair ke danau dan lautan.

  • Pacific Ocean Perch 

Pacific ocean perch adalah ikan yang termasuk dlam daftar ikan yang aling terkontaminasi. ikan ini meniliki tingkat kontaminasi yang tinggi dan harus di hindari oleh ibu hamil dan ibu menyusui

  • Pacific Cod


Ada perbedaan besar dala kadar racun yang di temukan pada ikan dari samudra atlantik dan ikan dari samudera pacifik.

Ikan pacific cod  jumlahnya banyak dan lebih terkontaminasi dari pada cod atlantikyang erancam punah.

  • Sable Fish atau Black Cod 

Sable fish atau black cod dapat di temukan di Samudera Pacifik, juluknnya adalah 'butterfish' karena rasanya yang bermentega. 

Cara terbaik mengkonsumsi ikan ini adalah dengan mengolahnya menjadi makanan kaleng 


sumber: popmama.com  

No comments:

Post a Comment