Thursday, April 30, 2020

TIPS MENGATASI MABUK LAUT SAAT MANCING

pegipegi.com


ketika anda seang ingin berpergian travveling atau melakukan trip mancing di tengah laut, seringkali membuat mabuk alias seasick. Mabuk laut tidk haya bisa terjadi pada perjalanan jauh, tapi bisajuga terjadi pada dalam perjalanan dekat seperti melintasi pulau dekat. Terutama jika ombak sedang tinggi, di tambah lagi jika kapalnya kecil. 

Mabuk laut adalah hal yang menyiksa. khususnya bagi kamu yang memiliki hoby berpergian keliling daerah, ataupun yang memiliki hobby mancing di tengah laut, memancing di laut tidak lah sama dengan memancing di air tawar, banyak poin-poin penting yang harus di perhatikan saat memancing di laut. Memancing di tengah laut membutuhkn perlengkapan ekstra. Bukan hanya peralatan saja yang di butuhkan, namun perlengkapan diri dan kesipn mental lah yang harus di siapkan terlebih dahulu. Jika kondisi anda kurang stabil, maka tidak di anjurkan untuk mancing di tegah laut, tunggu hingga kondisi nda stabil kembali.
oleh karena itu dalam pembahasan saat ini kami akan berbagi tips agar terhindar dari mabuk laut.

BACA JUGA: IKAN LAUT YANG BERBAHAYA

1. Persiapan Fisik

Sehri atau dua hari sebelum melakukan trip, pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan bugar dan sangat normal, jika tidak stabil, tidak di anjurkan untuk melakukan trip, karena kesehatan tubuh sangatlah penting, dan sebelum melakukan trip, sebaiknya lakukan olahraga kecil seperti senam pergerakan tubuh hingga lari-lari kecil.

2.Istirahat Yang Cukup

Istirahatlah yang cukup supaya bisa mencegah tubuh dari keadaan yang tidak di inginkan, tidak di anjurkan bergadang sbelum melakukan trip, karena tubuh yang lelah akan sangat mudah mabuk laut, jadi, sebelum melkukan trip jangan lah bergadang agar anda memiliki trip yng menyenangkan.

3. Makan Secukupnya

Usahakan sebelum naik ke kapal perut anda sudah terisi.jangan sampai anda melakukan tip dengan perut kosong. Karena perut yang kosong akan mudah masuk angin, dan itu adalah salah satu pemicu mabuk laut, terlebih lagi jika keadan air laut tidk tenang dan menyebabkan kapal bergoyang, goncangan ini akan membuat anda mudah abuk laut, namun jika makan jangan berlebihan, karena makan berlebihan juga akan membuat anda memuntahkan makanan dalam perut.

4. Bawa bekal makanan dan minuman saat sedang melakukan trip 

Membawa bekal juga sangat penting pada saat melakukan trip di tengah laut, Hal ini bertujuan agar perut tetap terisi dan tidak kosong. Jangan membawa bekal yang bert seperti nasi, bawalah makanan kecil seperti roti dan snak yang tidak akan mebuat anda kenyang. 

5. Membawa Obat

Bawalah obat anti mabuk dan minum pada saat satu jam sebelum melakukan trip agar obat tersebut bisa bekerja dengan sangat baik pada saat trip berlangsung. Jenis obat lainnya yang bisa mencegah mabuk laut seperti Dramamine, Obat maagh guna mengurangi asam lambung, kimitepatch semacm koyo anti mabuk.Dan disarankan jangan meminum obat anti mabu, karna obat tersebut akan membuat anda mengantuk.

6. Usahakan Tidur Pada Saat Trip Berlangsung

Jika anda mulai merasa ngantuk setelah makan obat anti mabuk maka tidur lah secepatnya, ini cara terbaik agar anda terhindar dari mabuk laut. jika ada pemancing yang mual mual pada saat mancing, maka kemungkinan rasa mual tersebut akan berlangsung hingga akhir trip. Oleh karena itu dengan tidur dapat mencegah mabuk laut dan anda bisa istirahat sampai badan anda fit kembali.

7. Usahakan Agar melihat Sejauh Mata Memandang

Jika pada saat trip berlangsung anda tidak bisa tidur, maka jangan sampai melihat ke arah bawah terus menerus, apalagi jika fokus melihat satu objek seperti melihat handphone,joran, ataupun air, hal ini dapat membuat anda mabuk lebih cepat, sebaiknya lihat lh pemandangan sekitar, misalkan melihat pulau, karang karang, langit, kapal yang lewat, jangan terlalu lama melihat kebawah

8. Hilangkan Sugesti Kalau Anda Mabuk

Usahakan anda tidak berfikiran bahwa anda akan mabuk, berfikirlah kalau anda akan enjoi dilaut dan usahakan hati anda enjoi dilaut.

9. Pilihlah Tempat Yang Minim Goncangan

Jika kapal sedang berjalan ke spot, pilih lah tempat yang minim goncangan seperti di tengah dan di belakang, dan menghadap kemana arah jalan kapal, jika anda duduk di depan kapal, goncangan kapal akan semakin bear, jadi tempat yang minim goncangan dalah di tengah, dan jangan duduk di ruangan yang tertutup , pilihlah tempat yang terbuka. 

10. Hindari Bau Yang Tidak Sedap

Bau yang tidak sedap dapat memiicu anda pusing dan akhirnya mabuk, seperti bau mesin dan bau amis. Hindari bau tersebut dan hiruplah udara segar.agar anda terhindar dari pusing dan mabuk laut.


Itulah 10 tips agar anda terhindar dari mabuk laut, semoga bermanfaat sahabat angler. 
jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment