Sunday, April 26, 2020

PENGARUH FASE BULAN TERHADAP MANCING




Halo sahabat angler,   kali ini tim tipsmancing akan membahas soal pengaruh bulan terhadap ikan, mungkin para angler sangat menginginkan mendapat hasil yang melimpah dan banyak. Agar hal itu bisa terwujud, maka angler harus memahami dengan benar mengenai perilaku targetnya, yaitu ikan.

Bagi para penggila mancing pasti tau kapan waktu terbaik unntuk memancing, Pada umumnya kta berpikir bahwa waktu yang tepat untuk memancig adalah pada saat  fajar dan senja. Padahal, menurut beberapa orang, waktu yang paling tepat untuk mengetahui waktu makan ikan adalah saat bulan terbit dan terbenam.

Bulan memilki pengaruh pada berbgai faktor yan ada di sekitar kehidupan ikan di dalam air seperti pasang naik dan pasang surut laut, dan terutama makanan ikan itu sendiri, Pada umumnya, ikan memakan plankton, hidup pankton sangat di pengaruhi oleh siklus bulan (dan matahari), Sehingga keberadaannnya akan tergntung pada siklus bulan (dan matahari) yang terjadi.

Siklus buan dan Matahari meruakan hal utama yang banyak memberi pengaruh bagi alam, termasu kehidupan manusia, flora dan fauna, tak terkecuali ikan.
Berikut ini beberapa poin yang perlu di perhatikan antara waktu terbaik untuk memancing dengan siklus bulan (dan Mataari) :

  • Dengan mengetahui 4 siklus bulan dan matahari yang terbit dan teggelam, maka kita bisa  mengira kapan kapan waktu yg tepat untk memancing di alam terbuka. Biasanya, 45 menit sebelum dan sesudah bulan terbit dan tenggelam adalah waktu yang tepat untuk memancing, begitu juga dengan 45 menit sebelum dan sesudah matahari terbit dan tenggelam. 
  • Pada tahun 1926, John Alden Knight lewat risetnya menyimpulkan bahwa ada 3 faktor yang menentukan keberhasilan memancing ikan di alam terbuka.Yaitu matahari,bulan,dan pasang surut-pasang naik air laut
  • Alden mengumpulkan data dari 200 kegiatan memancing dengan melihat hasi tangkapanya. Hasilnya ternyata menunjukkan 90% dari total ikan yang ditangkap(dari 200 kegiatan memancing) berasal dari waktu memancing saat bulan berada pada fase bulan baru.
  • Menurut mereka penghobi mancing, fase bulan memng memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasiltangkapan ikanya. Pegaruh bulan akan semakin terasa pada ikan yang ukurannya semakin besar.Semakin besar ukuran ikan, semaki besar puladi terpengaruh pada bulan.Hal tersebut bisa di manfaatkan oleh para pemancing agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan
  • Beberapa pemancing beranggapan bahwa waktu terbaik mancing adalah 4 hari di bulan baru (new moon) yaitu 2 hari sebelum hingga 2 hari setelah bulan baru, atau 2 hari terakhir di bulan hijriah hingga 2 hari pertama di bulan hijriah selanjutnya
  • Sebagian pemancing lainnya beranggapan bahwa waktu terbaik untuk mancing di alam terbuka adalah saat malam hari ketika bulan purnama atau bulan penuh, atau tepatnya pada pertegahan bulan Hijriah. karena pada saat itu, bulan bersinar terang, sehingga ikan keluar untuk mencari makan.Dan tidak di anjurkan untuk memancing pada siang hari di waktu fase bulan mencapai purnama, karena ikan ikan telah kenyang di malam harinya.


Dari teori waktu yang tepat untuk memancing di atas, anda bisa menentukan kapan waktu untuk memancing, bawa lah peralatan secukupnya agar anda bisa memancing dengan nyaman dan tenang, yang paling penting dalam hal memancing adalah keselamatan diri, jika keselamatan sudah siap, anda bisa dengan nyaan memancing dan ingat, hasil tangkapan hanya bisa di tentukan oleh yang maha kuasa...
jadi teruslah berusaha ya..
Salam Joran melengkung..!!! 


No comments:

Post a Comment