Thursday, March 12, 2020

TIPS MENENTUKAN PIRANTI DAN LURE POPPING

Wartapancing.blogspot.com




Popping adalah salah satu teknik mancing yang banyak di gemari oleh para angler, target dari teknik popping ini adalah ikan predator top water dengan menggunakan popper, terdapat banyak jenis popper yang kita jumpai di toko toko pancing maupun toko online. 


Popper itu sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu popper churger,swimmer,dan stikbait, dan bernagai jenis warna dan ukuran. Jenis jenis popper ini di buat dengan satu tujuan yang sama, yaitu untuk menarik perhatian ikan ikan predator top water Seperti giant travelly, baracuda,tuna, bahkan jenis ikan lainnya. 


TIPS MENENTUKAN PIRANTI POPPING


JORAN

Untuk pemakaian piranti popping, perlu di perhatikan balance tackle, antara berat lure popper dan lure weight yang di izinkan joran itu tersendiri. Panjang ideal dari joran popping adalah sekitar 7,8feet - 8,6feet  dengan ukuran benang PE6-PE8. 

Joran yang panjang akan memudahkan anda untuk melempar popper ataupun swimmer dan stikbait, sedangkan joran yang pendek akan sangat sulit digunakan untuk melempar lure dengan jarak yang jauh. 

Pemilihan joran juga harus sesuai dengan selera dan kenyamanan anda, kalau bisa pilihlah joran yang sesuai dengan kriteria anda. 7,6feet-8,0feet adalah panjang normal yang sesuai dengan angler. 


REEL


Untuk pemilihan reel popping sebaiknya gunakan ukuran 8000-10.000  agar bisa menampung benang yang banyak, dan gunakan reel dengan ratio tinggi yaitu sekitar 6:1 yang artinya 1kali putaran handle, arm akan berputar 6 kali. Jadi benang yang di gulung akan semakin cepat dan tidak mudah capek. 


BENANG 

Untuk benang popping terbagi 2, yaitu PE dan leader, PE juga dikenal dengan nama braided, benang ini terdiri dari beberapa lapis benang menjadi satu (serat). Benang PE harus di sambung dengan leader, karena sifat PE braided yang kaku dan tidak elastis, jadi ketika ada sambaran, ataupun terkena gesekan karang akan putus,  dan di sinilah leader digunakan, warna leader yang transparan akan membuat umpan anda terlihat seerti ikan alami yang berenang di permukaan, tanpa terlihat ada benang yang menariknya dan akan membuat predator terangsang untuk memangsa lure tersebut.  leader bisa menahan hentakan dari sambaran ikan dan menahan gesekan dari karang, penggunaan leader untuk teknik popping sekitar 3/4 panjang joran. 

No comments:

Post a Comment