Thursday, January 23, 2020

Teknik skipping BC yang benar

sumber: spotmancing.com



Skipping atau melompat merupakan teknik dalam metode casting yang di aplikasikan untukengejar titik spot yang tidak bisa di jangkau oleh teknik lain seperti di sela-sela ranting kayu yang tertutupi daun.

Cara teknik ini memantulkan lure di atas permukaan air. Biasanya teknik ini sering di gunakan di tempat-tempat yang sangat sulit di jangkau dan terdapat banyak rintangan seperti di bawah terowongan, ranting pohon, dan rimbunan-rimbunan pohon.

Teknik ini hanya bisa di aplikasikan menggunakan umoan soft lure, dimana umpan tersebut di lempar (cast) di permukaan air hingga menyerupai ikan kecil yang lari ketakutan saat di kejar predator.

Berikut tips dan langkah langkah menerapkan teknik skipping:


  •  Dalam teknik skipping yang perlu di perhatikan adalah set up piranti pancing yang ideal. Joran, reel, senar, leader dan lure harus seimbang karena hal tersebut akan berpengaruh pada akurasi lemparan.
  • Tension setting atau setelan drag pada riil bait casting harus di sesuaikan dengan berat lure yang di gunakan. Brake pada reel bisa di sesuaikan dengan selera atau keinginan dari pemancing. Disarankan untuk menyetel dalam kondisi free spool agar membuat lure jatuh secars perlahan.
  • Bagi pemula, disarankan gunakan soft lure minimal berat 18-20gram agar brake dan tension bisa di setel agak berat namun tetap jalan dengan berat lure yang di gunakan. 
  • Untuk joran di sarankan menggunakan 17lb karena joran ukuran ini mempunyai kelenturan saat melempar lure dan actionnya tidak kaku
  • Power dan timming harus harus seirama, usahakan lemparan lure seperti melakukan olahraga tennis, maka jangan terlalu di paksakan antara power dan timming lemparan lure
  • Jangan menggantung lure terlalu panjang pada ujung joran, agar tidak tersangkut dan mental. 



Sumber: sahabatmancing.com 
                 Mancingarena.com

No comments:

Post a Comment