Saturday, January 4, 2020

IKAN LAUT YANG BERBAHAYA


Dilaut banyak sekali biota yang memiliki bentuk dan warna yang menarik, terkadang mendorong kita untuk menyentuhnya secara langsung. Namun dibalik keindahan itu ada beberapa jenis ikan yang harus kita waspadai. berikut ini ada beberapa ikan pancing yang tubuhnya memiliki duri yang beracun.



1. Surgeonfish



jenis ikan herbivora ini hidup di daerah terumbu karang, dan umumnya dikonsumsi oleh masyarakat pesisir, Namun jika di perhatikan di bagian ekor ikan ini terdapat duri yang sangat tajam seperti pisau, dan dapat merobek atau menusuk tangan anda, oleh karena itu, jika anda mendapatkan ikan ini, sebaiknya potong dulu durinya jika ingin di konsumsi.
duri ikan surgeonfish

2. Ikan Pari


Ikan pari juga merupakan ikan konsumsi yang enak, banyak juga masyarakat pesisir yang mengkonsumsi ikan ini, dan banyak juga pemancing yang mendapatkan ikan ini, namun ikkan ini juga memiliki duri yang sangat tajam di bagian pangkal ekornya
Duri ini sangat beracun hingga menyebeban kematian, sebaiknya jika anda mendapatkan ikan ini, potong dulu duri yang ada di ekor ikan pari ini. 


3. Ikan Baronang. 


Kelompok ikan baronang juga memiliki duri beracun yang membahayakan yakni duri duri sirip punggungnya dan duri duri di sirip duburnya.Walaupun racun dari duri ikan baronang tidak fatal terhadap manusia, sebaiknya jangan sampai terkena durinya, duri yang sangat tajam dapat mensuk tangan anda dan dapat menyebabkan luka. 


4. Ikan Buntal 



Ikan buntal bukan lah ikan konsumsi, namun banyak juga pemancing yang dapat ikan ini, sebaiknya di lepas saja ikan ini. Karena ikan buntal memiliki racun yang sangat tinggi di bagian kulit dan organ dalamnya yang sebenarnya merupakan proteksi dirinya terhadap predator. Racun tetrodoksi, merupakan racun yang paling kuat yang sering mengakibatkan fatal.


5. Ikan-ikan yang menggigit

Bukan hanya berduri atau berbisa, ada juga ikan laut yang bisa menggigit walaupun telah di dapatkan, salah satunya adalah ikan hiu, ikan hiu dapat menggigit walaupun telah di naikkan kedarat, jadi di sarankan agar menarik ekor ikan ini dan berdiri dibelakang ikan ini. Dan ikan penggigit lainnya adalah ikan baracuda, di perairan keruh, objek yang bersinar bisa mengecoh ikan baracuda dan menganggapnya sebagai ikan kecil yang kemudian di serang atau digigit. 


6. Ikan sembilang 


Sekilas terlihat seperti ikan lele, ikan sembilang adalah ikan konsumsi masyarakat, ikan ini dapat di temui di perairan laut dangkal dan sekitar muara, namun ikan ini memiliki patil yang berjumlah 3 buah terletak di bagian punggung dan sirip. jika anda mendapatkan ikn ini, sebaiknya  potonglah terlebih dahulu ketiga patil tersebut sebelum melepas kailnya. Bila anda terkena racun ikan ini, ada beberapa penanganan yang bisa di coba untuk di lakukan. Yang pertama, mengingat sifatnya yang heat-labile maka anda cukup merendam bagian yang tersengat dengan air hangat bersuhu sekitar 45 derajat selama kurang lebih 30 sampai 90 menit. selain itu racun sembilang juga bisa di hilangan dengan menggunakan biji asam, cukup potong biji asam menjadi dua bagian lonjong dan tempelkan pada bagian yang tersengat, jika metode ini tidak berhasil segeralah menemui dokter untuk di tindak lanjuti secara medis.


7. Ikan talang-talang (Queenfish)


Jika anda mendapat kan ikan ini sebaiknya pegang dengan hati hati, ikan ini memiliki duri berbisa dibagian belakang  dan di sirip punggungnya. Duri-duri itu menghadap ke samping hingga memudahkan ikan untuk menusuk tangan yang memegang tidak berhati-hati, apalagi dengan tangan kosong.Sengatan ikan ini sangat teratur dan berlangsung dalam waktu lama


8. Ikan todak (Needlefish)


Dikenal dengan nama needlefish, ikan ini sering berada di permukaan air untuk mencari mangsa berupa ikan-ikan kecil, ikan ini sering di dapatkan pemancing, namun ikan ini juga berbahaya jika tidak di tangani dengan hati-hati, pada mulutnya terdapat gigi tajam yangdi gunakan untuk mengoyak tubuh mangsanya, mulut ika ini juga bisa membuat luka yang serius pada manusia


9. Ikan batu 



Ikan yang bisa berkamuflase seperti batu karang ini juga termasuk daftar ikan paling berbahaya di dunia. Bagi para pemancing ul atau yang menggunakan teknik ngoyor yang mancing di atas karang di anjurkan agar memakai sepatu agar terhindar dari duri ikan ini yang mengakibatkan pedih seperti terbakar.


10. Ikan lepu 


Lionfish atau biasa kita sebut ikan lepu ini terlihat unik dan indah, melihat warna nya yang cantik, sirip punggung nya yang panjang, dan sirip dadanya yang terlihat seperti kipas. Namun di balik ke indahannya, ikan ini bagaikan bunga mawar berduri. Ikan ini memiliki sirip yang beracun dan berbahaya. Jadi di sarankan agar tidak menyentuh ikan ini, karena ketika anda terkena racun pada duri dan sirip ikan ini akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, mati rasa, hingga kematian. Tapi racun ikan ini daat di atasi dengan merendam bagian yang terkena sengatan dengan air hangat. 

No comments:

Post a Comment