Thursday, December 19, 2019

Reel Bait Casting

 
Daiwa cr 80 HSL


Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan reel ini, ya reel bc yang sangat di sukai para castinger. Reel bc adalah feel yang di rancang khusus untuk teknik casting. Namun, apakah bisa di gunakan untuk teknik lain seperti mancing dasaran? Tentu bisa, tapi tidak di rekomendasikan untuk mancing dasaran atau teknik lain dari casting.

Saat ini, telah banyak macam macam Reel BC yang hadir, baik dari fungsi dan kegunaannya, bahkan ada beberapa model, saat ini sudah ada reel BC yang di gunakan untuk teknik jigging.

Abu garcia OCEANFIELD BG-L , reel untuk jigging


Reel bc terbagi dua yaitu low profile dan Round Bait Casting. Perbedaan dari kedua jenis reel Bc ini adalah daya tampung senar dan spot yang akan di pilih, pada spot air tawar, low profile lebih cocok di gunakan, karena daya tampung dari low profile ini tidak banyak, sedangkan yang round bait casting lebih cocok di gunakan pada perairan laut karena reel jenis ini memiliki daya tampung senar yang panjang.


Penggunaan reel BC memiliki kebanggaan dan sensasi tersendiri, bukan karena harganya mahal, tapi karena tidak semua pemancing bisa menggunakan reel ini, khususnya untuk pemula, perlu latihan dan di bimbing oleh ahlinya, karena para pemula mungkin sering terjadi backlash atau senar kusut pada saat melempar lure, terjadi nya backlash karena spool berputar terlalu cepat di bandingkan dengan keluarnya senar dari spool. Cara kerja reel BC lebih simple dari reel spinning, karena para angler tidak perlu harus membuka bail arm seperti reel spinning, hanya dengan menekan Tumb Bar dan menahan spool dengan ibu jari, kemudian bisa langsung melempar. 

Bagian bagian penting dari reel bait casting 


arpendhybaitcastingreel.blogspot.com



Spool: sebagai tempat penampung senar atau line 

Spool Tension Knob: sebagai pengatur lemparan dan berat lure 

Thumb Bar: untuk mengeluarkan senar dari spool, di rancang agar mudah mengeluarkan senar hanya menekan dengan ibu jari

Levelwind/ line guide: sebagai pengatur keluarnya senar dari spool agar rapi, mekanisme line guide akan bergerak ke kanan dan kekiri agar ketika menggulung senar atau pun mengeluarkan senar jadi rapi dan tidak mudah kusut.


Reel bait casting memang terlihat sangat simple dan lebih ringan di bandingkan dengan reel spinning, dengan desain yang ringan tidak akan membuat pergelangan tangan anda mudah lelah dan tetap kuat untuk casting seharian, Namun reel jenis ini juga perlu latihan melempar jika anda belum pernah menggunakannya, karena reel ini jika tidak  terbiasa menggunakannya, akan terjadi back lash atau senar kusut di spool, jika hal seperti ini terjadi, maka kegiatan anda untuk mancing casting akan terhambat. 

Reel bait casting yang bagus adalah memiliki fasilitas casting weight, control, dan casting brake control yang berupa magnetik,mechanical dan Digital. Ketigs jenis brake control ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing.

Jenis low profile bait casting ini ada yang terbuat dari magnesium, sehingga tidak di anjurkan di gunakan pada air asin atau laut. Karena daya tampung senar tidak lah banyak, namun keuntungan dari low profile bait casting ini sangatlah ringan di gunakan untuk casting sehingga tangan tidak mudah lelah.

Sedangkan pada jenis round Bait casting kebanyakan terbuat dari bahan aluminium, sehingga reel jenis ini sangat kokoh dan lebih awet, namun roud bait casting ini lebih berat dari pada jenis low profile, reel jenis ini sangat cocok di gunakan di laut seperti teknik jigging.

Penggunaan reel bait casting sangat banyak di minati oleh para angler indonesia, karena desainnya yang sangat simple, namun dalam penggunaan reel bait casting sebaiknya memerlukan latihan melempar umpan agar tidak terjadi backlash, penggunaan reel bait casting tidak semudah reel spinning, namun ketika anda telah lihai menggunakan reel bait casting, sensasi dari reel ini sangatlah luar biasa dan tingkat keakuratan melempar umpan jadi lebih akurat. 

No comments:

Post a Comment