Tuesday, December 3, 2019

Mengenal lebih jauh tentang piranti fly fishing III


flyfishingchina.com



Fly line adalah senar utama dari fly fishing yang di gunakan dalam kegiatan dari fly fishing itu sendiri, dalam fly fishing seri benang di bagi menjadi 4 yaitu Backing line,fly line,leader dan tippet 

Backing line adalah senar yang membantu dengan reel yang terletak pada bagian dalam reel, backing line adalah senar multifilament atau senar PE yang terbuat dari bahan dacron dan juga senar PE braided, kedua jenis ini paling banyak di gunakan untuk backing line fly fishing, backing line pada fly fishing ini berfungsi sebagai senar tambahan yang di butuhkan pada saat fight dengan ikan besar.

penggunaan fly line pada fly fishing berkisar antara 75-115 feet atau 22-35 meter,oleh karena itu backing line sangat  dibutuhkan untuk figt dengan ikan besar dan membantu kita mendaratkan ikan tanpa takut leader dan tippet putus. Penggunaan backing line biasanya di sessuaikan dengan spot tujuan.Contoh nya jika spot di sungai kecil dengan terget ikan yang kecil bisa menggunakan backinng line sekitar 45 meter, sedangkan jika spot yang luas dan kan target yang besar juga harusnya menggunakan backing line sekitar 95 meter. namun juga harus sesuai dengan ukuran dan kapasitas reel fly.


Fly line adalah senar utama yang di gunakansetelah backing line, memiliki ukuran berat dengan notasi WT. ukuran fly line harus disesuaikan dengan ukuran wt joran fly, misalkan fly rod dengan ukuran 4wt bisa menggunakan fly line dengan ukuran 4wt.
melalui pengembangan castig, anda mungkin bisa mencoba menggunakan fly line ukuran fly line yang lebih besar atau kecil dari ukuran fly rod anda. sebagai contoh, fly rood dengan ukuran 4wt bisa menggunakan fly line dengan ukuran 5wt (disebut dengan uplining) atau fly rod dengan ukuran 4wt bisa menggunakan fly line ukuran 3wt (di sebut downlining) . Nanti anda bisa merasakan mana yang lebih pas untuk gaya casting anda.


Leader dan Tippet adalah bagian senar yang langsung terlibat dengan umpan,  bagian ini lah yang sangat penting di dalam fly fishing. Penggunaan leader dan tippet pada rangkaian fly fishing selalu di buat dalam satu alur.Tippet adalah senar yang memiliki diameter yang lebih kecil di bandingkan dengan leader, tippet memiliki karakter yang komplit diantara yang lain, sangat flexibel dan sangat transparan di alam air, dan memiiki  variasi kekuatan dan krateristik yang telah i buat di pabrik pabrik tertentu. Ada 2 jenis tippet khusus yang di buat pabrik yaitu:

1. Bite Tippet
jenis yang in di tujukan untuk ian yag memiiki aya fight  yang sangat kuat dan ikan yang memiliki gigi tajam. panjangnya biasanya berkisar antara 4-12 inch. Bahannya ada dri yang nylon, flouro carbon dan kawat multi strand.

2. Class Tippet
jenis ini biasanya di gunakan pada rekor turnamen mancing dunia untuk menghasilkan rekor dunia yang di buat oleh IFGA ( International Game Fishing Association) ukurannya bisa dari keas 12-20LBS.

Penggunaan tippet lebih baik bersamaan dengan leader. Meski penggunaan leader pada rangkaian mancing lain tidak mewajibkan menggunakan leader, namu berbeda dengan teknik fly fishing yang mewajibkan menggunakan leader. 

No comments:

Post a Comment