Monday, December 2, 2019

Mengenal lebih jauh tentang piranti fly fishing II

alamy.com




Fly  reel adalah reel yang dik rancang khusus untuk teknik fly fishing, dari bentuk dan caramemakai reel ini juga sangat berbeda dengan reel pada umumnya, teknik ini sangat mengandalkan keahlian tangan dan joran yang dimainkan jugasangat berpengaruh.
Pada dasarnya kita di tuntut untuk memainkan flies agar terlihat seperti serangga asli yang terjatuh ke dalam air. Bermain fly fishing butuh latihan layaknya saat kita berlatih utuk melempar lure dengan reel baitcasting. nmun bedanya teknik fly fishing lebih pada permainan senarkhusus fly fishing, maka dari pada itu anda lebih baiknya mengetaui tntng teknik lemparan fly fishing.



fly reel di rancang sangat berbeda dngan3 jenis reel lainnya. bentuk dan caranya sangat simple di bandingkan denganreel jenis lain. fly reel hanya  berfungsi sebagai penggulung senar fly reel saja saat kita hook up dengan target,.Fly reel pada umumnya di gunkan pada spot fresh water.namun saat ini juga bisa di gunakan pada salt waer, tergantung pada bahan reel tersebut, Pada bagiansisi reel terlihat banyak bolongan bolongan kecil, fugsi dari bolongan sisi reel dirancang agar senar cepat kering pada saat senar di gulung. sehingga reel akan terasa ringan kembali.

BAGIAN FLY REEL



mancingarenacom


  1. spool: sebagai penampung fly lines dan backing line
  2. handle: sebagai alat penggulung fly lines
  3. Frame: Bentuk dasar dari fly reel, biasa terbuat dari plastik dan aluminium dan di rancang dengan banyak bolongan pada sisi fly reel yang bertujuan untuk membuat fly lines cepat kering.
  4. Arbor: bagian tengah dari fly reel dimana fly line dan backing line di tempatkan
  5. Foot:sebagai penyangga pada reel seat joran fly 

B. Retrive system 

Retrive system dari penggulung ini juga sangat simple dimana rasio penggulung hanya 2 sistem yaitu (low ratio) 1:1  dimana bila kita memutar handle satu kali maka spool juga berputar satu kali, dan juga ada yang satunya dengan sistem hight ratio 1:2 dimana bila kita memutar handle satu kali maka spool akan berputar 2 kali.

C. Drag system

Drag system merupakan bagian pada reel spool yang berfungsi untuk menghambat laju fly line, drag pada fly reel bermacam macam, ada yang menggunakan disc drag, pawl clicker, sampai reel yang tidak menggunakan drag sama sekali

Disc Drag merupakan sistem mekanik yang ada pada fly reel, di gunakan untuk memperlambat laju fly line ketika keluar dari spool perbedaannya dengan click drag, fly line keluar lebih halus ketika menahan laju fly line pada saat hook up sehingga dapat mengurangi resiko leader putus karena menahan perlawanan fight dengan ikan.

  • Pawl drag clicker berfungsi sebagai pengatur tekanan per tuas spool  melalui pengaturan knob, senar akan terulur dengan mulus dan soft atau di setel dengan tegangan yang lebih tension perputaran reel akan selalu sama, namun sayang jika strike iksn besar sistem ini tidak berguna. 


Untuk anda yang masih baru di dunia fly fishing, jangan ragu untuk berkonsultasi atau bertanya pada orang yang sudah ahli dalam bidang ini. Jika anda ingin membeli fly reel tentu harus menentukan dimana anda akan mancing, apakah di air tawar atau air laut dan sesuai dengan target ikan yang akan anda tangkap, supaya dapat di sesuaikan dengan WT fly rood dan fly reel. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan budget yang Anda miliki, tidak setiap fly reel yang berkualitas mahal semua. 

Fly reel terbuat dari plastic, besi biasa seperti kaleng, aluminium dan titanium, yang sering terdapat pada pasaran terbuat dari bahan aluminium, dan yang terbuat dari aluminium ada 2 yaitu COR (Die Cast) dan CNC (Cut Machined). Setiap bahan fly reel memiliki harga yang berbeda mulai dari fly reel yang terbuat dari plastik berkisar Rp.120.000-Rp.150.000, aluminium Rp.300.000-Rp.750.000 dan aluminium CNC Rp.750.000 sampai dengan harga jutaan rupiah tergantung merk daei fly reel tersebut. 

Itulah beberapa hal yang di rangkum tips seputar mancing tentang fly reel, memang teknik ini masih baru di Indonesia dan jarang di gunakan para angler Indonesia, Namun tidak salah juga jika anda mencobanya. 




Sumber: mancingarena.com

No comments:

Post a Comment