Thursday, December 12, 2019

Kekurangan dan kelebihan reel spining dan baitcasting

Sumber: youtube


Reel adalah bagian piranti pancing yang sangat penting dan banyak di butuhkan di kalangan angler dunia, reel berfungsi sebagai alat penggulung senar dan penahan senar keluar ketika sedang fight dengan ikan. 


Ada 2 jenis reel yang paling populer di dunia pemancingan yakni reel spining dan reel bait casting (BC), dalam teknik casting, reel ini lah yang paling populer. Namun ketika anda mau casting, reel apa yang akan anda pilih, maka dari pada itu ketahuilah kekurangan dan kelebihan masing masing reel.


Spinning Reel

Spinning reel adalah reel yang paling populer di jumpai para angler. Harga dari reel spinning pun relatif lebih murah dari reel BC, dan bisa di jangkau bagi anda yang berkantong tipis mulai dari 50 ribuan. Reel spinning dapat di gunakan hampir di semua teknik mancing seperti mancing dasaran, jigging, dan lain lain.

Dalam penggunaan reel spining, kapasitas line lebih banyak dari pada reel bait casting, lemparan untuk lure ringan lebih jauh dari pada reel bait casting, karena tidak terhambat pada saat pelemparan lure, dan posisi handle bisa di tukar.

Pada saat strike ikan lebih nyaman karena bisa pegang joran dengan full grip, dan kekuatan drag spinning reel lebih besar karena posisi drag terletak tepat pada spool.

Dibalik kelebihan reel spinning tentu juga ada kekurangan nya, berdasarkan pengalaman, salah satu kekurangan reel spinnning adalah kurang nya ketepatan pada saat long cast. Jika ingin melempar jauh, tentunya senar di spool harus penuh dan pas, agar lemparan lure jauh, jika senar pada spool kurang atau tidak mencapai batas maksimum, maka lure tidak akan jauh pada saat melempar umpan.

Di bandingkan dengan reel bait casting, reel spining ini durasi untuk casting lebih lama karena harus membuka bail arm. Dan reel spinning lebih berat dan desainnya kurang simple jika di bandingkan dengan reel BC.



Reel Bait Casting (BC) 

Reel ini lebih banyak di gunakan oleh pemancing profesional, reel ini sangat ringan dan kuat, sehingga pada saat long cast dan sangat akurat untuk pelemparan lure, menggunakan set BC ini bisa menggunakan berbagai macam teknik pelemparan seperti teknik skipping yang tidak bisa di gunakan pada reel spinning, dengan desain yang simple dan elegan, tentunnya membuat cast lebih banyak dari pada reel spinning, misalkan jika reel spinning bisa menghasilkan 100 cast/jam reel bc bisa menghasilkan 150 cast/ jam, karena reel bc dapat menggunakan tangan yang memegang joran untuk membuka spoolnya sambil melempar lure dan bisa menutup spool hanya dengan menggulung handle.

Sedangkan kekurangan reel BC harganya terbilang mahal, sekitar 300 ribuan dan harga jorannya berkisar 200 ribuan. Reel ini harus menggunakan lure di atas 7 gram karena untuk casting reel BC, lemparan lure dan beratnya harus melewati spool dan senar   agar lemparan jauh dan akurat. Menggunakan lure ringan sangat susah sekali, hampir setiap cast akan terjadi backlash atau senar kusut di spool. Dan untuk pemula akan kesulitan menggunakan piranti ini terutama pada saat melempar lure. Kebanyakan pemula pasti menemui backlash, hal ini di sebabkan karena kurang nya pengalaman dan settingan reel yang kurang pas.


Itu lah kekurangan dan kelebihan reel spinning menurut tipsmancing. com  . Jadi tinggal anda yang menentukan reel apakah yang anda gunakan untuk mancing casting. 

No comments:

Post a Comment