Wednesday, November 13, 2019

UMPAN JITU IKAN HAMPALA

Sumber: mancing.top


Ikan hampala atau palung adalah ikan yang habitatnya di sungai berarus deras dan banyak bebatuan, namu jika di danau atau waduk, ikan ini lebih menyukai tempat yang dasarnya berpasir karena di lokasi tersebut lebih banyak makanan alami dari ikan ini. 

Di artikel saya yang sebelumnya telah membahas tentang teknik mudah mancing ikan hampala, dan sekarang saya akan membahas tentang umpan jitu ikan hampala ini. 

Ikan ini lebih menyukai ikan ikan kecil dan serangga serangga kecil sebagai makanan alaminya, Ciri-ciri ikan ini mirip seperti ikan mas, namun ikan hampala memiliki mulut yang lebar dan sisiknya berwarna perak gelap dan ada totol hitam di badannya.

Jika di lihat mulutnya, ikan ini tidak memiliki gigi, walaupun tidak memiliki gigi ikan ini adalah predator yang rakus dan akan melahap apa saja yang lewat di depannya.

Untuk memancing ikan ini, tentunya anda harus mengetahui lokasi yang tepat untuk ikan ini, carilah lokasi yang airnya bersih dan banyak bebatuan serta memiliki oksigen yang cukup.

Umpan alami ikan hampala

  • Semua jenis cacing
  • Anak ikan tawes
  • Kecoa
  • Laron
  • Udang hidup
  • Anak ikan wader
  • Anak ikan mas
  • Ikan bilih
  • Semua jenis ulat

Itu lah umpan alami yang cocok untuk ikan hampala, sebaiknya umpan di gunakan dalam keadaan hidup, dan selalu gerak gerakkan umpan agar ikan hampala tertarik dan akan menyambar umpan anda.

Selanjutnya anda bisa menggunakan umpan tiruan untuk menarik perhatian ikan hampala seperti: 

Minnow

Minnow adalah umpan buatan yang cocok untuk menarik perhatian ikan hampala ini, dengan gaya lure yang bergoyang-goyang layak nya ikan kecil yang sedsng lengah, dapat menarik perhatian ikan hampala dan akan segera melahap lure ini.



Mini popper 

Bukan hanya minnow, mini popper juga bisa menarik perhatian ikan predator ini, dan juga ikan predator fresh water lainnya.
Mini popper ini adalah jenis lure top water yang dapat menimbulkan splah air dan akan mengganggu ikan predator yang ada di sekitarnya.



Spoon


Spoon adalah jenis lure yang tenggelam dan akan mengkilat saat di retrive dan dapat membuat ikan tertarik untuk melahap lure ini, ikan hampala juga suka dengan umpan mengkilat seperti spoon ini.



Swimmer



Bentuk nya sama dengan minnow, tapi lure jenis ini tidak mempunyai lidah seperti minnow, lure ini akan mengapung di permukaan air, dan akan sedikit tenggelam jika di retrive, seperti ikan yang sedang pusing dan mencari udara untuk bernafas, lure ini efektif untuk menarik perhatian ikan hampala, lure ini sangat cocok di sungai arus deras.



No comments:

Post a Comment