Monday, November 4, 2019

TIPS MUDAH MANCING IKAN SEPAT



Sepat adalah ikan jenis suku gurame yang sering bergerombolan, tidak seperti keluarga nya yang dapat tumbuh besar.

Ikan sepat ini adalah ikan konsumsi yang banyak kita jumpai di pasar lokal, ada yang menjual segar dan ada pula ikan ini di jadikan sebagai ikan asin.

Ikan ini memiliki banyak nama, dari sepat siam,sepat jawa, sepat sawah, sapek dan masih banyak lagi namanya, ikan ini memiliki sumber gizi yang tinggi bagi tubuh manusia, dengan mengkonsumsi ikan ini anda bisa mengurangi resiko kanker, membantu kesehatan mata,kulit dan masih banyak lagi.

Ikan ini jadi minat bagi para pemancing, walaupun ukuran ikan ini tidak sebesar ikan gurami, namun ikan ini memiliki sensasi tersendiri.

para pemancing handal bisa mendapat kan ikan ini dengan jumlah yang sangat banyak jika mengetahui teknik dan umpannya.

Namun bagi anda yang ingin memancing ikan sepat ini, anda harus mengetahui teknik dan umpan ikan ini, karna tidak semua pemancing pemula yang bisa mendapatkan ikan ini.

Teknik mancing ikan sepat

Untuk memancing ikan sepat, tentunya di butuh kan teknik khusus untuk mendapatkan ikan ini.

Ikan sepat biasanya adalah ikan yang sering berada di permukaan air, jadi untuk memancing sepat, maka gunakanlah pelampung dengan jarak pelampung dari timah sekitar 10-20cm dan jarak timah dari mata kail sekitar 5 cm.

Untuk line, gunakan line ukuran kecil dengan ukuran 0.14  sampai 0.16 mm, dan gunakanlah mata kail kecil nomor 1 atau nmor 2, karena mulut sepat kecil, maka gunakanlah mata kail yang kecil.

Dan untuk joran dan reel, terserah anda mau gunakan peralatan jenis apa, asalkan ringan dan tidak membuat anda lelah, biasanya di daerah kami menggunakan joran antena untuk kolam dan reel ukuran 500-1000

Ikan sepat ini biasa berenang bergerombol di rawa rawa, ikan ini paling banyak berada di rawa dari pada di sungai, di da erah saya, untuk lokasi ikan ini harus di geser atau di pindahkan tanaman rawa agar bisa mancing di tengah rawa, ikan ini biasa bersembunyi di bawah tanaman rawa.

Jadi jika anda ingin mancing sepat, gunakanlah rangkaian pancing biasa seperti satu mata kail saja, tidak usah menggunakan dua mata kail, karna akan merepot kan saja jika ikan sepat sedang ramai ramainya makan umpan.

Umpan


Untuk mancing ikan sepat, anda bisa menggunakan umpan cacing, kroto dan bisa juga lumut.

Sumber: covesia.com

Di daerah saya, lumut adalah umpan yang paling efektif untuk mancing sepat, dan tidak pernah boncos jika memakai umpan ini, jenis lumut yang saya gunakan adalah lumut sawah.

Jika tidak ada lumut, cacing dan kroto juga bisa anda gunakan untuk mancing ikan sepat, untuk kroto gunakanlah telur kroto yang bulat dan bisa langsung di pakai untuk umpan, kroto bisa anda dapatkan dengan memesan atau membeli di pakan ternak.


Sekian dari tips seputar mancing, semoga bermanfaat untuk anda yang telah membaca artikel ini, jika ada yang kurang atau anda ingin bertanya tentang mancing sepat, anda bisa tukis di kolom komentar.

SALAM SATU ANGLER...!!!

No comments:

Post a Comment