Friday, November 8, 2019

TIPS MUDAH MANCING IKAN BELIDA


Sumber: metrojambi.com



Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan ini, ya ikan Belida, ikan ini afalah sejenis ikan pipih dengan bentuk yang unik dan siripnya yang panjang yang berada di bagian perut dan ekor.
Dengan adanya sirip ini, ikan belida dapat berenang maju mundur serta bentuk punggungnya bengkok dan bersisik sisik kecil.


Ikan belida merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku notopteridae (ikan ber punggung pisau) ikan ini lebih populer dengan nama belida/belido yang di ambil dari nama salah satu sungai di Sumatera selatan yang menjadi habitatnya.

Jenis ikan ini dapst di temui di Sumatera,jawa,kalimantan, dan Semenanjung Malaya, ikan ini merupakan bahan baku untuk pembuatan jenis kerupuk dan pempek dulunya, meskipun sekarang sudah di ganti menjadi ikan tenggiri.

Lokasi ikan belida

Ikan ini menjadi incaran para pemancing karena daging ikan ini yang lezat dan tarikannya yang luar biasa kuat, namun untuk menemukan ikan ini di sungai sangatlah susah, karena jenis ikan ini tidak bergerombol, ikan ini sering bersembunyi di pinggiran sungai yang banyak kayu nya. 

Jadi jika ingin menandakan adanya belida atau tidak, cukup perhatikan sungai yang banyak kayu nya, biasanya tempat seperti itu akan di jadikan sarang ikan belida, dan ikan ini biasa naik kepermukaan sambil Menghirup udara dan melibasoan ekornya.

Teknik mancing ikan belida

Teknik untuk memancing ikan ini memang berbeda, karena ikan ini biasa bermain di tengah-tengah air, antara dasar dan permukaan, jadi sebaiknya gunakanlah pelampung untuk mancing ikan ini, gunakanlah piranti sedang untuk mancing ikan ini, karena size ikan ini yang lumayan besar dapat tumbuh hingga 90 cm dan mencapai berat 8 kg. 


Umpan ikan belida


Umpam ikan belida bisa di gunakan menggunakan umpan alami seperti


  • Cacing
  • Udang hidup 
  • Anak ikan sepat
  • Anak ikan wader 
  • Serangga
  • Anak ikan nila/mujair

Itulah tips mudah untuk mancing ikan belida/belido, untuk mendapatkan strike ikan ini, di perlukan kesabaran yang tinggi.

Semoga bermanfaat

SALAM ANGLER...!!!



No comments:

Post a Comment