Tuesday, November 19, 2019

TIPS MERAWAT JORAN AGAR AWET DAN TAHAN LAMA




Joran adalah komponen utama dalam memancing selain senar dan reel, joran pun adalah kunci melempar umpan dengan jarak yang jauh. Joran juga berfungsi untuk mempermudah dalam menghadai perlawanan ikan.


UntuK anda para pemancing, tentunya joran adalah komponen penting dalam pemancingan, karena akan slalu di gunakan ketika hendak memancing di alam liar maupun di kolam pemancingan, akan tetapi joran terbuat dari bahan fiber, dan akan kuat jika anda mengetahui cara merawat joran tersebut. 

Harga joran sekarang ini tidak lah murah, sayang kalau joran kesayangan anda tidak di rawat, maka akan rusak ataupun patah, sebagai piranti utama, di perlukan perawatan agar joran yang kita punya slalu awet dan berfungsi maksimal apabila di gunakan, berikut tips merawat joran agar awet dan tahan lama:


pada saat memancing, jangan rendam atu basahi joran dengan air, apalagi air laut, hal ini dapat membuat joran korosi atau berkarat setelah terkena air, dan juga bisa membuat warna pada joran pudar, sebaiknya pada saat memancing posisikan joran dengan tegak dan kuat, agr pada sat kita meninggalkan pancing joran tidak akan patah ketika umpan di sambar ikan atau pun joran masuk ke air terbawa ikan, dan pastikan drag pada reel tidak terlalu kencang.

Hal utama yang di perhatikan setelah mancing adalah selalu bersihkan atau cuci joran dengan benar, apalagi jika mancing di laut, harus di cuci dulu setelah mancing, karena kadar garam di laut dapat membuat joran lebih cepat rusak atau korosi, cucilah joran dengan sabun lalu di sikat secar perlahan agar cincin joran tidak lepas, lalu siram menggunakan air hangat, setelah di siram maka joran di lap menggunakan lap yang bersih dan kering atau bisa di keringkan dan di angin anginkan tanpa perlu menjemurnya di bawah sinar matahari.

setelah di cuci, letakkan lah joran pada tempat yang bersih dan terhindar dari debu, terutama jika joran anda tipe antena, kotoran yang masuk akan merusak joran dan akan susah untuk di panjangkan dan joran akan lecet-lecet. Sama halnya dengan joran tipe sambung atau stik, maka debu akan membuat kendor pada sambungan. Jika sambungan pada joran kendor,maka akan mudah terlepas ketika di gunakan pada saat melempar umpan.

Itulah beberapa tips merawat joran pancing agar awet dan tahan lama yang telah di rangkum TIPS SEPUTAR MANCING, seoga bermanfaat bagi para angler semua.


No comments:

Post a Comment