Friday, November 15, 2019

TIPS MEMILIH LINE YANG KUAT DAN BERKUALITAS






Memancing adalah kegiatan yang mengasyikkan dan banyak di jadikan hobi dan pekerjaan bagi sebagian masyarakat, khususnya di Indonesia, banyak para penghobi mancing di seluruh belahan Nusantara.

Bagi sebagian pemancing atau pemula, tentunya anda bingung bagaimana caranya memilih line atau senar pancing yang kuat dan berkualitas, dan harganya pun beragam, ada dari yang murah sampai yang paling mahal, pastinya harga menentukan kualitas.

Namun ada juga line harga murah, namun kualitasnya juga bagus, mungkin bagi sebagian pekancing belum tau tentang ciri ciri line berkualitas dan kuat, kali ini tips seputar mancing akan memberi tahu tips untuk memilih line yang kuat dan berkualitas.

Senar atau line itu sendiri adalah tali yang terbuat dari bahan khusus yang di pakai dalam kegiatan memancing, dari line ini lah kail, pelampung, pemberat dan aksesoris lainnya di tempatkan.

Hal pertama yang harus anda ketahui ialah menyesuaikan ukuran diameter line dengan target ikan yang anda tangkap, semakin besar ikan yang di jadikan target, maka semakin besar pula ukuran line yang akan di gunakan 

Senar terbagi dua yaitu monofilament dan multifilament, monofilament adalah line dengan serabut tunggal ( filament) dan bahan baku nya terbuat dari nylon, permukaan dari line jenis ini halus dan tidak kasar.
Sedangkan multifilament adalah line yang terbuat dari banyak serat dan permukaan dari line ini kasar tidak sehalus monofilament, line jenis ini biasanya di pakai para pemancing untuk memancing lomba dan di laut.

Line yang baik memiliki mutu yang stabil dan di buat dari bahan baku tertentu, dengan mesin yang canggih  dengan proses dan quality control baik pula, sehingga melahirkan senar dengan kualitas yang bagus. Kestabilan senar adalah jika di buat dengan quality control yang baik seperti diameter, kekuatan line, kekuatan ikat senar (knot streng), kelenturan senar, dan ketahanan gesekan senar. 

 Ada hal yang harus di perhatikan saat akan membeli senar pancing yaitu: 
  • Untuk membeli senar lihat dulu informasi atau spesifikasi dari line tersebut,  seperti diameter, kekuatan dari line tersebut, line yang berkualitas biasanya memiliki diameter kecil dan kekuatan yang kuat
  • Resistensi senar saat di tekuk, tes bisa di lakukan dengan mengukur resitensi senar saat di tekuk, semakin besar resitensi senar, maka menunjukkan senar semakin kaku 
  • Perpanjangan senar saat di tarik akan melar sampai panjang yang maksimal, line yang berkualitas dapat melar sampai panjang maksimal saat mengangkat beban, jadi hal ini lah yang harus di perhatikan
  • Kekuatan line dapat di lihat pada kemasannya, kekuatan tersebut adalah seberapa berat beban yang bisa di angkat line tersebut sampai line putus.
  • Line yang berkualitas pasti nya tidak mudah terkikis atau abrasi saat terkena batu karang, tes dapat di lakukan dengan menggesekkan amplas pada line dengan amplas dan dilakukan secara berputar, semakin lama line tahan dengan gesekan amplas, maka semakin tahan line tersebut terhadap gesekan. 


Adapun kelebihan dan kekurangan dalam senar monofilament dan multifilament yaitu: 

Monofilament

  • Keuntungan Senar ini adalah jenis yang populer di kalangan para pemancing, dan tersedia berbagai ukuran dan varian juga berbagai kekuatan, senar jenis ini harga nya pun lebih murah dari multifilament, senar ini pun lebih terjaga rapi dan tidak mudah kusut di dalam spool, juga mudah untuk membuat simpul atau ikatan(knot), line ini sangat populer karena sangat susah melihat senar ini di dalam air walaupun warnanya cerah.
  • Kekurangan dari senar ini adalah tidak sekuat multifilament, karena monofilament terdiri dari 1 filament, serta line ini lebih membutuh kan lebih banyak ruang pada spool reel jika di bandingkan dengan multifilament, senar jenis ini terbuat dari nilon dan akan mudah rusak jika terkena sinar matahari dan tidak tahan lama. 


Multifilament

  • Keuntungan dari senar ini adalah senar jenis ini lebih kuat di bandingkan dengan monofilament, walaupun sama ukurannya, namun senar jenis ini dua kali lebih kuat, dan anda bisa mengemas senar ini jauh lebih panjang dari pada monofilament, senar ini juga tahan terhadap sinar matahari, jadi anda bisa memakai line ini dalam jangka panjang.
  • Sedangkan kekurangan dari senar ini ialah sangat sulit di potong, di anjurkan anda membawa gunting atau pisau yang tajam, senar ini sangat licin dan harus membuat simpul yang kuat agar tidak mudah lepas,  senar ini akan terlihat jelas di dalam air walaupun anda memakai warna yang cerah.


Itulah ciri ciri line dengan kualitas bagus serta kekurangan dan kelebihan dari jenis line tersebut. Pilihan tergantung anda, apakah akan memakai monofilament atau multifilament.

No comments:

Post a Comment