Wednesday, November 6, 2019

TIPS MANCING IKAN BAUNG

Sumber:langgengpancing.com


Ikan baung merupakan ikan yang sepintas mirip dengan ikan lele, sama sama memiliki kumis dan dapat bertahan hidup di air yang kotor dan keruh

Baung adalah nama segolongan ikan yang termasuk ke dalam marga hemibagrus suku bagridae. Ikan ini tersebar luas di daerah india,cina selatan, dan di asia tenggara. 

Ikan baung ini memiliki rasa daging yang lezat dari pada ikan lele, ikan ini sangat di minati masyarakat karena serat dagingnya yang lembut,gurih dan harga nya yang sangat terjangkau, tak heran ikan ini sangat terkenal di Sumatera,kepulauan riau, dan kalimantan.

Selain itu ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi bagi tubuh manusia sebagai sumber protein hewani yang tinggi dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Ikan ini juga mudah mendapatkannya dengan cara di jala, namun bagi para pemancing, lebih memilih untuk memancing ikan ini dari pada di jala, untuk para pemula harus mengetahui karakteristik dari ikan ini.


Karakteristik ikan baung

Jenis ikan ini biasanya keluar pada malam hari dan ikan ini juga sangat gesit dan lincah, oleh karena itu para angler biasanya mancing ikan ini pada malam hari, karena pada malam hari ikan ini sangat agresif dalam mencari makanan.

Pada siang hari,ikan ini lebih memilih berdiam diri di pinggiran sungai yang dalam dan terlindung dari matahari, ikan ini biasa bersembunyi pada siang hari.


Pilih waktu dan lokasi yang tepat

Ikan baung adalah jenis ikan nocturnal, jadi waktu yang tepat untuk memancing ikan ini adalah pada malam hari saat ikan baung sedang mencari makan.

Dan pada siang hari juga boleh mancing ikan baung ini, namun ikan ini jarang yang keluar pada siang hari, jadi anda harus mengetahui lokasi yang tepat, seperti di tepian sungai yang dalam, lubuk sungai, dan tempat yang tidak berarus dan bergelombang.


Umpan 


Ikan baung merupakan jenis pemakan segalanya atau omnivora, ikan ini sangat menyukai umpan yang memiliki bau busuk dan menyengat, jadi anda bisa menggunakan umpan yang berbau busuk atau umpan olahan yang sudah di fermentasi, jika menggunakan umpan alami juga bisa seperti cacing,  dan usus ayam yang di olah dan di busukkan.


Itulah tips untuk mancing ikan baung yang telah di rangkum oleh tips seputar mancing.
Semoga bermanfaat

SALAM ANGLER...!!!

No comments:

Post a Comment