Wednesday, November 27, 2019

Pentingkah leader untuk piranti mancing anda


Sumber: mancingarena.com


Para angler casting tentu telah mengetahui tentang leader ini, piranti jenis ini mungkin tidak asing lagi bagi para pemancing laut atau pemancing casting. 

Leader ini merupakan senar yang digunakan untuk menghubungkan antara senar utama dan rangkaian pancing atau umpan. Baik itu umpan hidup ataupun umpan buatan. Fungsi utama dari leader ini sebagai shockbreaker (peredam kejut) pada saat strike. Sehingga line utama tidak putus akibat kejutan dari sambaran ikan besar.

Leader terbuat dari berbagai bahan seperti kawat titanium dan flourocarbon. Leader merupakan senar monofilament yang kuat dan tahan dari gesekan karang, gigitan ikan dan yang lain lain.

Penggunaan senar leader ini tentu tidak wajib bagi setiap teknik mancing, tergantung pilihan anda, mau pakai leader atau tidak, namun lebih baiknya jika menggunakan teknik casting atau mancing dasaran di laut menggunakan leader, agar terhindar dari gesekan karang atau pun gigitan ikan yang mengakibatkan senar putus.

Penggunaan leader harus lah 2 kali atau lebih kuat di bandingkan dengan senar utama, karena leader kerjanya lebih berat dari pada senar utama, yaitu langsung mengahadapi fight dengan ikan, dan untuk menghindari dari hal hal yang tidak di inginkan sehingga mengakibatkan line putus.

Untuk panjang leader, sudah ada peraturannya menurut IGFA/formasi  menentukan bahwa maksimal panjang leader untuk kelas di bawah 10 kg adalah 4.57 meter. Dan untuk kenur kelas 15 kg keatas panjang maksimal leader 9.14 meter. Namun itu semua tergantung pada setiap teknik mancing yang akan anda gunakan.

Perlu di ketahui bahwa semakin panjang leader yang anda gunakan, maka semakin jelek pula action lure, sebaliknya semakin pendek leadee yang anda gunakan, maka semakin bagus action dari lure.

Maka dapat di simpulkan, tidak setiap teknik mancing wajib menggunakan leader, perlu pertimbangan untuk memakai leader tersebut, dan untuk pemakaian leader harus mengetehui terlebih dahulu lokasi spot dan target ikan yang akan anda tangkap.

No comments:

Post a Comment