Friday, November 29, 2019

Mengenal lebih dalam tentang piranti fly fishing

Alamy.com



Seperti yang para angler tahu, piranti fly fishing sangat berbeda dari bentuk dan model di bandingkan dengan piranti pancing biasa. Meskipun memiliki persamaan sebagai alat tangkap ikan, namun perbedaan nya terletak pada piranti dan cara melontarkannya, dimana rangkaian nya seperti fly line,leader  dan tippet, tentunya dengan rangkaian seperti ini,fungsi joran akan semakin terasa yaitu melindungi senar,leader dan tippet pada saat fight berlangsung.  jika pancing pada umumnya lure yang membawa line, namun pada teknik fly fishing ini, line lah yang membawa lure atau yang biasa di sebut dengan flies. 

Hal pertama yang akan anda perhatikan yaitu joran, joran fly atau fly rod bentuknya hampir sama dengan joran pada umumnya, namun perbedaan joran ini dapat di lihat dari pamgkal joran tersebut, jika joran biasa memiliki pangkal yang panjang, pada fly rod ini tidak memiliki pangkal di belakang reel, hanya sampai pada reel saja, cara memegang dan mengatasi fight dengan ikan tentu berbeda dengan joran biasa.

Panjang dari fly rod sangat bervariasi, antara 180cm hingga 450cm, sesuai dengan panjang joran ada yang terdiri dari 2 sambungan hingga 7 sambungan. Joran fly terdiri dari 3 bagian yaitu pangkal (butt), tengah (midle) dan bagian ujung (Tip). Pada bagian ring guide di sebut stripping guide,snake guide dan top guide.

Stripping guide adalah ring atau kolongan yang berukuran besar yang terletak pada bagian butt fly rod, snake guide ring ukuran sedang yang terletak pada bagian midle fly rod dan top guide adalah ring ukuran kecil yang terletak pada bagian Tip fly rod 

Action dari fly rod sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam melempar umpan, action joran akan terlihat saat terbebani oleh fly line. Karena fly line di beri berat tertentu       (wt) terdaat 3 action pada joran fly yaitu slow,medium, dan fast action.

mancingarena.com


Seperti yang tertera pada gambar diatas, slow action akan membuat joran melengkung dari ujung joran (Tip) sampai ke pangkal joran fly(butt). Medium action akan membuat joran melengkung dari ujung joran (Tip) sampai ke bagian tengah joran fly (midle) sedangkan pada fast action akan membuat joran melengkung hanya pada bagian ujung joran (Tip). 

Grip adalah bagian fly rod yang kontak dengan telapak tangan, saat ini banyak macam grip yang ada di pasaran fly rod, tapi pada dasarnya ada 3 yaitu cigar grip yang biasanya di gunakan untuk ikan kecil, full wels untuk target ikan besar dan half-wels untuk di antaranya. 



Sumber bacaan : mancingarena.com / photonosh.blogspot.com

No comments:

Post a Comment