Monday, November 18, 2019

MENGENAL KARAKTERISTIK IKAN MAS




Seperti yang anda tahu, ikan mas adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomi tinggi dan sudah tersebar luas di indonesia.


ikan mas mulai di di pelihara tahun 1920an, ikan mas ini di datangkan dari cina,taiwan, dan jepang, selain itu ikan mas punten dan ikan mas majalaya merupakan hasil seleksi di Indonesia, sekarang terdapat 10 macam ikan mas yang ada di Indonesia ini.


Ikan mas menyukai tempat hidup (habitat) Di perairan air tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan Arus airnya yang ridak terlalu deras, seperti di pinggir sungai dan danau, Ikan mas dapat tumbuh baik di Daerah ketinggian 150-600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan pada suhu 25-30 derajat celcius.

Ikan ini tergolong jenis omnivora atau pemakan segalanya, dengan makanan utamanya adalah tumbuhan dan binatang yang ada di dasar air.ketika makan, ikan mas memliki kebiasaan mengaduk-aduk dasarkolam utuk mencari jasad jasad organik.

karena kebiasaan unik ini, ikan mas sering disebut sebagai bottom feeder (pemakan dasar). Di habitat aslinya, ikan mas hidup menepi sembari mengincar makanan berupa binatang keci yang hidup di lapisan tepi danau atau sungai.

ikan mas memiliki telur yang bersifat merekat atau adhesif, dalam proses pemijahan biasanya ikan mas akan mencari tempat yang rimbun dengan tumbuhan air dan rerumputan yang menutup permukaan air.Ikan mas berkembang biak dengan cara ovivar yaitu perkembangbiakkan seksual yang di tandai dengan pelepsan sel telur jantan dan betina,dimana spermatozoa di luar tubuh dan pembahan terjadi di luar tubuh.


Ikan mas kini dapat di bagi 2 yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias:

Ikan mas konsumsi 

Ikan mas konsumsi adalah jenis ikan yang di makan masyarakat untuk memenuhi Kebutuhan protein hewani, Ikan mas konsumsi ini juga banyak macamnya yang di budidayakan oleh petani yaitu

  • Ikan mas majalaya, seperti namanya, ikan ini berasal dari daerah majalaya kabupaten bandung jawa barat, bentuk ikan ini lebih pendek dan badan yang lebih lebar serta pipih, sifat ikan ini lebih jinak dan sering berenang di permukaan air.
Ikan mas majalaya

  • Ikan mas merah, Ciri-ciri ikan ini adalah warna sisiknya yang berwarna merah keemasan, ikan ini lebih agresif dan tidak jinak, ikan ini sering mengaduk aduk dasar kolam, bentuk badannya relatif lebih memanjang, berbeda dengan ikan majalaya. 
Ikam mas merah 
  •  Ikan mas  Taiwan, ikan jenis ini bentuk nya lebih memanjang dan punggung membentuk bulat seperti busur, sisik nya berwana hijau kekuningan hingga kuning kemerahan  di tepi sirip dubur dan si bagian bawah ekor. Sangat rakus dengan makanan, sehinggga akan berebut saat akan di beri pakan. 
Ikan mas taiwan 



Ikan mas hias 

Ikan mas hias ini adalah ikan hiasan yang sangat berheda bentuk dengan ikan konsumsi, ikan hias ini terbilang unik dan warnanya sangat cerah 

  • Ikan mas koi atau biasa disebut dengan koi saja berasal dari jepang, mulai di kenal di Indonesia sejak tahun 1980, bentuk badannya bulat dan memanjang dengan warna sisik yang beragam, mulai dari warna putih, kuning, merah menyala, hitam dan ada pula berwarna kombinasi daei warna warna tersebut. 
Ikan koi 


  • Ikan mas fancy, bentuk tubuh ikan ini memanjang, sisiknya berwarna merah, kuning, dan putih. Pada tubuhnya terdapat totol totol berwarna hitam, karena warnanya yang bermacam macam itulah di sebut dengan ikan fancy 
Ikan mas fancy


  • Ikan mas kaca, ciri khas dari ikan ini adalah sebagian tubuh nya tidak tertutup sisik,  bagian yang tidak tertutup sisik sekilas terlihat seperti kaca, di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengkilap.sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam

ikan mas kaca


itulah contoh ikan mas yang ada di Indoesia, masih banyak macam ikan mas yang ada di indonesia saat ini. Ikan mas merupakan salah satu jenis ikn yang di budidayakan, Cina merupakan produsen terbesar dengan menyumbng 70 pesen produksi ikan mas di dunia, ikan mas juga menjadi ikan tangkapan, terutama bagi para pemancing,Di Eropa, ikan mas di budidayakan untuk di tngkap di lokai pemancingan ikan umum,dan hanya sedikit di jual di pasaran, bagi mereka ikan mas ini hanya untuk sekedar oahraga pemancingan saja.





No comments:

Post a Comment