Tuesday, November 26, 2019

BAGAIMANA TIPS DAN PEMILIHAN TACKLE FLY FISHING

Sumber: theflyshop.com



Sesuai dengan namanya, fly fishing berasal dari kata flies yang berarti serangga, dalam praktiknya, keasyikan teknik ini terletak pada teknik melecutkan kail dan mendaratkan umpan di air sehingga menyerupai flies sungguhan.

Kekhususan fly fishing adalah karena pemancing di tuntut mengenal karakter ikan, tempat ikan hidup, serta makanannya. Dari situ baru pemancing bisa membuat umpan tiruan yang bentuknya menyerupai makanan ikan tersebut serta cara memancingnya.

Hobi ini kental dengan nuansa ekslusivitas alias tak bisa di lakukan beramai-ramai. Karena teknik ini menuntut para pemancing untuk menyatu dengan alam dan tempat ikan hidup, agar ikan tidak menyadari dengan adanya pemancing tersebut.

Teknik fly fishing ini awalnya di lakukan di sungai sungai, namun saat ini juga bisa di lakukan di laut. Kontan.co.id

Teknik ini paling banyak dilakukan di luar negri, khususnya di Inggris, namun apakah teknik ini bisa di lakukan di Indonesia? Jawabannya iya bisa, di Indonesia banyak memiliki sungai, namun kondisi sungai tidak seperti di luar negri, kebanyakan luar negri memiliki sungai yang berarus tenang, di Indonesia banyak memiliki sungai arus deras, asalkan bisa mengutamakan keselamatan, dan di laut Indonesia juga bisa di lakukan seperti di laut dangkal yang banyak karang.



Piranti dari fly fishing ini sangat berbeda dengan piranti pancing teknik lainnya, semua piranti fly fishing ini khusus dan tidak bisa menggunakan piranti lainnya.

Joran fly terbuat dari bahan graphite, fiberglass dan ada juga dari bambu. Joran fly umumnya menggunakan perhitungan kekutatan dalam satuan pon/ lbs, atau PE number, joran fly terbagi dari beberapa jenis mulai dari micro,smal,sedang hingga large. Masing masing ukuran menggunakan fly line yang berbeda, contohnya joran micro menggunakan fly line dari ukuran 0-2wt, small 3-5wt.sedang 3-6 wt dan large ukuran 7-10 wt. Untuk ukuran 12 wt keatas termasuk ukuran super large.

Penggunaan fly line sangat tergantung dengan kondisi spot memancing, untuk sungai seperti di indonesia di anjurkan menggunakan fly line 3-6 wt, dan untuk mancing di laut 7-10 wt dan bagi pemula sebaiknya menggunakan joran dengan panjang 9ft dan fly lije ukuran 5wt.

WT merupakan satuan dari berat fly line. Joran menggunakan ukuran feet (ft). Untuk pemula sebaiknya gunakan joran fly yang berbahan carbon fiber yang 4 section. Karena tidak terlalu panjang 2.7m. Sahabatmancing.com


Berbanding lurus dengan pemilihan joran, kita harus menyesuaikan wt reel dan wt joran dan dengan wt fly line yang akan anda pilih. Ada beberapat pertimbangan seperti


  • Berdasarkal lokasi spot mancing yang akan anda pilih, di fresh water atau saltwater, penyesuaian piranti dengan lokasi memang harus di pertimbangkan. 
  • Piranti fly fishing ini lebih baik sesuai denga besar atau kecilnya target ikan.

Dan tentunya sesuaikan harga piranti dengan budget yang anda miliki, tidak selalu ketika ingin mencoba teknik baru anda harus membeli piranti yang mahal, karena ketika anda sudah mulai bosan atau tidak mahir dengan teknik ini, tentunya uang anda akan terbuang percuma. Jadi sesuaikan lah piranti dengan isi dompet anda. 

Selanjutnya dalam pemilihan line, fly line sangat penting pada piranti fly fishing ini, karena line lah yang flies, fly line lebih berat dari pada flies(lure) . Fly line yang baik akan mempengaruhi hasil cast anda. Dalam fly fishing, tujuan angler ialah bagaimana caranya menyampaikan flies agar sampai ke hadapan ikan, baik itu jauh maupun dekat. 



No comments:

Post a Comment