Thursday, October 24, 2019

TIPS SUKSES MANCNG IKAN BELANAK


sumber: dunia-perairan.com


Ikan belanak  adalah salah satu ikan yang hidup secara bergerombolan di daerah tropis dan sub-tropis ini, tidak heran jika ikan ini tersebar di seluruh perairan indonesia.ikan belanak atau otomebora mullet termasuk kelas actinopterygii,, dalam ordo perciformes dan familia Mugiliade, merupakan ikan laut yang sering bereang ke perairan air tawar.

ikan ini bentuknya hampir sama dengan ikan bandeng, dan ikan ini termasuk jenis ikan pelagis yang sering bermain di permukaan air,dan bersifat katadromus hidup di perairan tawar seperti sungai, muara dan perairan laut dengan kedalaman 120 meter dengan suhu 8-24 derajat celcius.

ikan ini banyak jadi target bagi nelayan untuk di jual dan di jadikan makanan dalam keadaan segar, di asinkan dan si asap, tidak sedikit juga ikan ini sering di gunakan para angler untuk umpan ikan besar dalam keadan hidup atau pun mati.

ikan ini memiliki sumber protein tinggi, protein yang terkandung dalam ikan ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan badan,meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencerdaskan otak, dan ikan ini di jadikan salah satu sumber alternatif pangan favorit.

ikan ini terbilang sulit untuk di pancing, namun ikan ini memiliki sensasi tersendiri dimana ikan belanak ini dapat di gunakan sebagai umpan untuk mancing ikan jenis lainnya.

hal yang pertama di perhatikan adalah menyesuaikan line dengan ukuran mata pancing, karena mata kai yang di gunakan adalah ukuran kecil nmor 1 sampai nmor 3 paling besar, sebaiknya gunakan juga piranti ringan agar tarikan ikan belanak lebih terasa, karena ikan ini jenis pelagis yang berenang di permukaan, sebaiknya gunakanlah pancing yang melayang atau anda  juga bisa menggunakan pelampung, namun ada teknik lainnya yang dapat anda gunakan untuk memancing ikan ini seperti pakai botol.

untuk umpan biasanya para angler menggunakan lumut halus dari sawah, di daerah saya di sumatera barat lumut sawah adalah umpan paling ampuh untuk mancing belanak, namun di daerah lain juga banyak yang menggunakan daging udang,roti, tepung, dan ada juga yang menggunakan umpan olahan.

dan waktu yang tepat untuk mancing belanak adalah pada saat pagi hari dan sore hari, karena pada saat itulah ikan belanak bergerombolan untuk mencari makan.

Nah itulah tips sukses mancing belanak, semoga dengan membaca dan mempraktekkan artikel ini anda akan mendapatkan sambaran ikan belanak.

Salam para angler Indonesia...!



No comments:

Post a Comment